BPBD Kab. Agam

Lapau Tempat Berbagi Info Kemanusiaan

Agam, KABA12.com — Usai berdiskusi dengan Kelompok Siaga Bencana (KSB) Marapi Lasi di Istana Rakyat Selaras Alam Canduang, rombongan suku Māory bersama BPBD Agam mengunjungi posko PMI Sungai Pua, Kamis (09/02).

Sungai Pua merupakan kecamatan siaga bencana di kabupaten Agam, karena lokasi wilayahnya berdekatan dengan kawah gunung Marapi.
Hal itu dibuktikan dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama antara stake holder terkait pada 14 Februari 2015 lalu.

“PMI Sungai Pua memiliki 25 orang volunteers (relawan), tidak digaji, hanya membawa modal kemanusiaan,” ujar Ahmad Jais, Ketua Posko PMI Sungai Pua dalam diskusi bersama suku Māory yang datang dari New Zealand.

Dalam paparannya Jais menjelaskan, meski minim sarana dan prasarana serta sedikit anggota, namun bisa meng-handle 14.000 warga Sungai Pua.

“Dengan rasa kemanusiaan dan kekeluargaan InsyaAllah kita bisa menghadapi bencana yang terjadi sejauh ini,” ucapnya.

Jais menambahkan, kegiatan PMI yang diketuai oleh Ny. Vita Indra Catri ini dilakukan berkat sosialisasi yang dilakukan dari lapau ka lapau, “karena lapau tempat titik berkumpu wargal setelah bekerja, jadi kegiatan kita lebih mudah tersampaikan di lapau,” tutur Ahmad Jais.

Terkait hal itu, Kepala suku Māory pun mengatakan hal yang serupa.  Di Selandia Baru, jelasnya tempat suku Māory lah yang dijadikan sebagai tempat berkumpul, semuanya ada disana, dan warga Māory ainnya boleh membawa apa yang ada disana, semangat kekeluargaan seperti itu sangat tinggi di Māorily terutama pada masa pasca bencana. “Agam same like Māoriy,” Tui Warmenhoven.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top