Hukum dan Kriminal

Sebulan Enam Bunuh Diri

Gunungkidul, KABA12.com — Kasus bunuh diri di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta masih menonjol. Dalam sebulan terakhir, ada enam kasus orang mengakhiri hidup dengan cara sadis.

Merujuk data Polres Gunungkidul, kasus bunuh diri didominasi gantung diri. Data tertinggi kasus bunuh diri pada tahun 2012. Jumlahnya mencapai 39 orang. Angka itu turun pada 2013 menjadi 29 kasus. Tahun berikutnya, angkanya turun menjadi 19 kasus.

Namun, pada 2015 terjadi kenaikan angka bunuh diri menjadi 31 kasus. Memasuki 2016, ada 28 kasus dan tiga orang percobaan bunuh diri. Angka kasus bunuh diri di Gunungkidul sendiri rata-rata 25 orang per tahun. “Data tahun ini per Januari, ada enam orang meninggal karena bunuh diri,” kata Kabag Humas Polres Gunungkidul Iptu Ngadino seperti diberitakan Radar Jogja, Rabu (02/02).

Dalam rangka menekan angka bunuh diri, Pemkab Gunungkidul berupaya meningkatkan peran Satgas Berani Hidup yang telah dibentuk beberapa waktu lalu. Namun, upaya itu juga butuh keterlibatan masyarakat.

Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, masyarakat bisa ikut berperan serta dalam memonitor lingkungan masing-masing. “Mereka diminta peka dengan situasi sekeliling, sehingga bisa melapor pada petugas puskesmas setempat,” kata Badingah. Jika masyarakat peka pada situasi di wilayah masing-masing, lanjut Badingah, potensi munculnya kasus bunuh diri bisa terdeteksi dan dilakukan pencegahan sedini mungkin. “Diperlukan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat,” ucapnya.

(Richard)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top