Kaba Terkini

Candi Padang Roco Jadi Destinasi Wisata Sumbar

Dharmasraya, KABA12.com — Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit bersama Dinas Pariwisata Sumbar dan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, meninjau Candi Padang Roco yang akan dijadikan destinasi wisata, di  Jorong Sungai Langsek Kanagarian Siguntur, kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Minggu (29/01).

wagub 3Dalam peninjauan tersebut Nasrul Abit menugaskan Dinas Pariwisata dan Budaya Sumbar, untuk memasukkan Candi Padang Roco ke kalender wisata Sumbar dan melakukan pemugaran terhadap situs cagar budaya dan peninggalan kuno tersebut.

“Candi Padang Roco harus dimasukkan dalam objek wisata Sumatera Barat, sehingga kiblat cagar budaya kita tidak hanya ada di Tanah Datar saja dan ini harus dipromosikan,” tegas Nasrul Abit.

Wakil Gubernur berencana  menata komplek Candi Padang Roco seperti  dahulu kala,  salah satunya dengan menempatkan Arca Bhairawa di Candi Padang Roco.

“Saat ini yang asli berada di Museum Nasional Jakarta, tapi itu tidak memungkinkan untuk memindahkan yang asli. Karena, yang asli tidak bisa dikembalikan, kita akan buat duplikatnya,  apalagi pematung yang terkenal di Jogja adalah orang Minang. Jadi tidak ada masalah,” ungkapnya.

wagub dan bupatiRencana itu diamini Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Untuk mewujudkan itu Sutan Riska pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar.

“Dari dulu kita mau duplikat Arca Bhairawa. Mudah-mudahan dengan ini Candi Padang Roco akan dikenal dan menjadi destinasi wisata di Sumbar,” harap Bupati termuda Indonesia itu.

(Ihsan/ Humas)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top