Kaba Terkini

Waktu, Salah Satu Sumpah Allah Kepada Manusia

Khazanah, KABA12.com — Al-Quran sebagai firman Allah merupakan pedoman hidup bagi manusia. Didalam Al-quran banyak terdapat berbagai macam perintah, larangan, sejarah, hingga sumpah Allah kepada manusia. Diantara sumpah Allah kepada manusia tersebut, ada salah satu surah yang dimana Allah SWT bersumpah terhadap waktu, yakni surah al-ashr. “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”

Dalam ayat tersebut, Allah bersumpah terhadap masa. Masa didalam hal ini terkait dengan waktu. Waktu yang dilalui oleh manusia setiap hari dalam perjalanan kehidupan mereka. Selain itu, Allah SWT juga berfirman, bahwa manusia berada dalam keadaan merugi. Hal ini terkait, segala aktivitas yang dilaksanakan sehari-hari oleh umat manusia. akan tetapi, Allah juga menjelaskan, bahwa ada 4 golongan orang yang dikatakan tidak merugi, yakni :

  1. Orang beriman
  2. Orang yang beramal shaleh
  3. Nasehat menasehati dengan mentaati kebenanaran
  4. Nasehat menasehati dengan menetapi kesabaran

Disisi lain, Rasulullah SAW juga bersabda, “ Dari Ibnu Abbas r.a ia berkata, Rasulullah bersabda, “Manfaatkanlah lima perkara sebelum datangnya lima perkara: Hidupmu sebelum matimu, sehatmu sebelum sakitmu, waktu luangmu sebelum kesibukanmu, mudamu sebelum rentamu, dan kayamu sebelum miskinmu.” (Diriwayatkan Al-Hakim dan Al-Baihaqi).

Didalam sunah rasulullah yang diriwayatkan Al-Hakim dan Al-Baihaqi, rasulullah bersabda kepada umatnya untuk memanfaatkan lima perkara. Kelima perkara tersebut merupakan rentang waktu atau masa ketika manusia akan berada dalam keadaan yang digariskan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, marilah kita sadari bahwa setiap waktu yang kita jalani di dunia ini, sangat berarti untuk memperkuat keimanan kita. Karena setiap waktu yang kita lalui, akan datang masa sebagaimana yang di gariskan oleh Allah SWT.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top