Bukittinggi

Pakar Gempa Ingatkan Bukittinggi Untuk Mitigasi Gempa Bumi

Bukittinggi, KABA12.com — Sepekan terakhir sejumlah wilayah Sumatera bagian Utara diguncang gempa bumi. Mengingat hal itu, pakar gempa, Badrul Mustafa memperingatkan warga dan pemerintah kota Bukittinggi untuk siap sedia melakukan antisipasi (Mitigasi) gempa bumi sebelum terjadi.

“Bukittinggi daerah yang punya kerawanan gempa tertinggi sama dengan Mentawai, kita harus menindak lanjuti bagaimana menghadapi potensi kalau suatu saat muncul lagi gempa seperti 6 Maret 2007 lalu, karena kita tidak tau kapan datangnya, kita harus siap sedia menghadapinya,” ujar DR Badrul Mustafa Kemal, dalam pelatihan sistem komando tanggap darurat bencana di Bukittinggi, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Terancam Hanyut, Kompleks Kuburan di Cacang Randah Dipindahkan Warga

Badrul Mustafa Kemal yang juga dosen Fakultas Teknik Universitas Andalas (Unand) tersebut menyatakan, upaya yang perlu disiapkan oleh pemko dan warga Bukitttinggi adalah persiapan fisik/infrastruktur yang memenuhi standar, dan persiapan non fisik bagaimana merespon terjadinya bencana, “sampai saat ini belum, ada alat yang bisa mendeteksi kapan bakal terjadi gempa lengkap dengan berapa kekuatannya, makanya perlu diwaspadai, karena Bukitttinggi berada dipatahan Sumatera, atau patahan semangka,” jelasnya.

Baca Juga:  Siaga Bencana : Antara Peduli dan Tidak

Mengingat Bukitttinggi berada di daerah patahan Sumatera, Badrul Mustafa menyarankan Pemerintah kota Bukittinggi untuk lebih intensif memberikan sosialisasi ke semua kalangan, termasuk pelajar dibangku sekolah.

“Sosialisasi ke semua kalangan harus sering dilakukan, karena persiapan itu yang harus dilakukan dan itu merupakan tanggung jawab pemko,” tutup pakar gempa DR. Badrul Mustafa Kemal.

Baca Juga:  Sekab Agam Hadiri Nobar Terminal Antokan

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Terkini

To Top