BPBD Kab. Agam

BPBD Agam Prioritaskan Pencegahan Bencana

Agam, KABA12.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, memprioritaskan tindakan pencegahan (preventif) dalam penanggulangan bencana.
Hal tersebut dinyatakan Bambang Warsito, Kalak BPBD Agam saat ditemui KABA12.com di ruang kerjanya, Sabtu (21/01).
Bambang Warsito mengemukakan  dalam penanggulangan bencana hal utama yang dilakukan adalah tindakan pencegahan, “kita mencoba melakukan tindakan pencegahan, kita juga akan lakukan koordinasi dengan dengan OPD terkait seperti dinas PU dan yang berkaitan dengan kebencanaan,” sebutnya.
Ditambahkan Bambang, pihaknya secara optimal menjalin kerjasama dengan  LSM kebencanaan seperti Jemari Oxfam, dan lembaga lain dalam upaya mendorong tindakan pencegahan yang secara intensif dilakukan.
Kalaksa BPBD Agam itu juga menjelaskan,  tiga tahap dalam menghadapi bencana, yaitu pencegahan, aksi ketika kejadian bencana, dan pasca kejadian.
“Hal yang utama terletak pada tahap pencegahan, dimana kita melakukan antisipasi sebelum bencana,” ujar Bambang Warsito pada KABA12.com.
Bambang mencontohkan dalam mengantisipasi bencana banjir bandang, dibutuhkan koordinasi dengan pihak PU dan kerjasama masyarakat dalam mencari kemungkinan-kemungkinan penyebab permasalahan, “salah satunya dengan  menurunkan tim ekspedisi, menyisiri sungai hingga ke hulu,” tutupnya.
(Jaswit)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top