Kaba Terkini

Anak Negeri Luncurkan Inovasi Ponsel 4G

Tekhno, KABA12.com — Perkembangan ilmu teknologi dan informatika yang semakin pesat, membuat sejumlah kelompok berlomba – lomba untuk berinovasi dalam menciptakan trend terbaru dikancah peradaban IT pada masa ini.

Hal ini terkait, semakin longgarnya akses untuk belajar dan mendapatkan beragam fasilitas untuk mewujudkan inovasi tersebut.

Begitu juga dengan Indonesia, yang mulai membuat beragam inovasi dibidang IT. Hal ini terbukti dari inovasi dari inisiasi Masyarakat Telematika (Mastel) dan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) yang mampu menciptakan ponsel Digicoop dengan spesikasi 4G.

Ponsel ini merupakan singkatan dari Digital Koperasi yang diinisiasi oleh Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM). KDIM adalah koperasi yang turut melibatkan sejumlah badan, perguruan tinggi, institut maupun kementrian seperti Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan PT. Jalawave Integra.

Selain itu, KDIM juga melibatkan dua operator seluler ternama di Indonesia yakni Telkomsel dan XL Axiata.

Seperti yang dilansir beritateknologi.com, Pada saat peluncuran ponsel yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat ini juga dihadiri oleh Menkominfo RI, Rudiantara. Dilihat dari spesifikasinya, Digicoop mengusung spesifikasi khas ponsel low-end yang memiliki layar seluas 4,7 inci dengan resolusi FWVGA dan disokong oleh prosesor quad-core 1,5GHz.

Selain itu, terdapat pula RAM sebesar 1 GB dengan kapasitas penyimpanan sebesar 8 GB yang juga sudah didukung dengan jaringan 4G.

Untuk keperluan fotografi, ponsel ini memiliki kamera utama beresolusi 5MP dan kamera depan beresolusi 2MP. Sistem operasi yang dijalankan adalah ID3OS yang merupakan custom dari Android. Rencananya, ponsel lokal yang memiliki kapasitas baterai sebesar 1.800 mAh ini akan dibanderol seharga Rp. 1,2 jutaan.

(Dani)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top