Agam

Tim BPBD Temukan Tumpukan Material di Hulu Sungai Rangeh

Agam, KABA12.com — Gabungan tim BPBD, PU, FPRB, KWSB dan warga Nagari Bayur, kecamatan Tanjung Raya, kabupaten Agam, yang menyusuri Sungai Rangeh sejak Sabtu (21/01) pagi, menemukan beberapa longsoran material tanah di hulu sungai.

Laporan yang diterima BPBD Agam, tim menemukan beberapa titik sisa longsoran tanah, dan beberapa pohon tumbang yang melintangi arus sungai, “untuk langkah awal , tim akan kembali turun bersama warga untuk membersihkan dan memotong pohon-pohon kayu yang menutupi aliran sungai,” jelas Kalaksa BPBD Agam Bambang Warsito yang memimpin tim survei Sungai Rangeh, Sabtu kepada KABA12.com

Bambang Warsito menjelaskan ekspedisi Sungai Rangeh, bertujuan untuk mengantisipasi ancaman banjir bandang yang berpotensi terjadi jika cuaca buruk. Tim ekspedisi sengaja mebawa tim lengkap, tidak hanya survei awal tapi juga melihat berbagai kemungkinan solusi yang harus dilakukan untuk “meredam” ancaman bencana.

Untuk antisipasi awal terkait dengan ancaman banjir bandang Sungai Rangeh menurut Amrizal dari Dinas Tata Ruang dan Pemukiman kabupaten Agam, antisipasi jangka menengah, meminta warga untuk mensosialisasi -kan kepada warga yang memiliki tanah di kawasan aliran sungai untuk berperan salam normalisasi karena langkah penting dalam waktu dekat, badan sungai harus diperlebar.

“Kita minta kerjasama masyarakat untuk membebaskan lahan dipinggiran aliran sungai,” jelasnya.

Kedatanganekspedisi bpbd rombongan tim ekspedisi Sungai Rangeh mendapat apresiasi dari warga setempat. Warga menyebut aspirasi yang disampaikan pada Pemkab Agam melalui BPBD benar-benar direspon dan ditindaklanjuti pemerintah.

Warga berharap, program normalisasi dan antisipasi ancaman bencana di wilayah itu bisa segera dilakukan. “Kita sangat senang dan bersyukur, rombongan dari pemerintah langsung datang melihat kondisi di Sungai Rngeh, kami siap membantu dan mendukung program yang akan dilakukan pemerintah,” ungkap Dt. Rumah Tinggi, tokoh niniak mamak nagari Bayur kecamatan Tanjung Raya disela ekspedisi kepada KABA12.com.

(Jaswit/Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top