Kaba Terkini

Waspada! BMKG Temukan Enam Titik Panas di Sumbar

Bukittinggi, KABA12.com — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun GAW Koto Tabang, Sumatera Barat, melaporkan ada enam titik panas yang tersebar di provinsi Sumatera Barat, Rabu (18/01) pagi.

Di daerah ini potensi terjadinya kebakaran lahan sangat tinggi.

“Enam titik panas yang terpantau pada Rabu pagi ialah empat titik di Kabupaten Dharmasraya dan dua titik di kabupaten 50 Kota,” kata Kepala Seksi Meteorologi BMKG GAW Koto Tabang, Budi Satria saat dikonfirmasi, Rabu (18/02) pagi.

BudiIMG-20170118-WA0006 Satria menyebutkan, daerah seperti, 50 Kota bagian Timur, Dharmasraya bagian Timur dan Selatan, sebagian Sijunjung, sebagian Sawahlunto,Pesisir Selatan bagian Tengah dan Timur, dan Solok Selatan bagian Timur berpotensi besar terjadinya kebakaran lahan akibat cuaca panas saat seperti saat ini.

Ditambahkan, titik api di dua kabupaten tersebut, perlu diwaspadai potensi kebakaran lahan, “bila ditinjau dari unsur meteorologis nya, provinsi Riau juga patut diwaspadai,” imbuhnya.

Menurutnya, kawasan yang rentan terjadi kebakaran itu disebabkan dua indikator, masing-masing kelembapan udara dan curah hujan yang mulai berkurang, disamping itu peningkatan suhu dan arah pergerakan angin jadi pemicu terjadinya kebakaran,” jelas Budi Satria.

Meski demikian BMKG Koto Tabang menegaskan kondisi tersebut tidak mempengaruhi kualitas udara Sumbar yang masih dalam kategori baik.
Informasi yang diperoleh kaba12.com cuaca panas beberapa hari terakhir sudah mulai mengundang kepanikan masyarakat bahkan di beberapa tempat kerap terjadi kebakaran termasuk tanaman warga tanpa diketahui pemicunya

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top