Agam

Suku Maori Akan Kunjungi Kabupaten Agam

Agam, KABA12.com — BPBD kabupaten Agam siapkan rencana kunjungan suku Maori, New Zealand ke wilayah Agam Februari mendatang.

Kunjungan pemuka suku Maori New Zealand merupakan kunjungan balasan setelah tahun 2016 lalu, rombongan BNPB Indonesia melawat ke New Zealand rangkaian silaturrahmi dan saling menukar infornasi tentang pengurangan resiko bencana dan membangun kesiapan masyarakat menghadapi bencana.

Untuk penyambutan, BPBD Agam merencanakan dua lokasi masing-masing di Ujuang Labuang kecamatan Tanjung Mutiara dan Sungai Pua.
Kepala BPBD Agam Bambang Warsito menjawab KABA12.com Senin (16/01) disela survei lokasi bakal penginapan rombongan suku Maori di Ujuang Labuang TIku menyebutkan, kabupaten Agam mendapat kehormatan sebagai tuan rumah penyambutan rombongan suku Maori New Zealand tersebut.

Bambang Warsito menyebut pihaknya akan menyiapkan prosesi penyambutan khas ranah Minang dan penginapan yang digunakan betul-betul alami.

Di Ujuang Labuang, rombongan akan diinapkan di rumah nelayan dan akan disuguhkan sajian khas nelayan Tanjung Mutiara. Sementara, di Sungai Pua rombongan akan menginap di rumah gadang milik warga, “kita membangun kesan alami sesuai harapan mereka,” sebut Bambang.

Dijadwalkan Februari mendatang delegasi New Zealand akan berkunjung ke Indonesia bersama tim penanganan pasca bencana di New Zealand termasuk suku Maori yang dikenal sebagai salah satu negara yang kerap diguncang bencana gempa.

Bambang Waristo yang pernah mengunjungi perkampungan suku Maori dan beberapa daerah di New Zealand mengulas tingginya kesiapan masyarakat menyikapi bencana dan strategi yang diterapkan sangat bagus dan patut dicontoh.

“Dalam rangka itulah kita belajar dan menjabarkannya pada masyarakat khususnya kabupaten Agam,” ulas Bambang Warsito lagi.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top