Agam

Peran LPPL Penting, SAM FM Berperan Optimal

Agam, KABA12.com — Bupati Agam, Indra Catri, sampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi DPRD Agam, terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang pembentukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) radio Suara Agam Maimbau (SAM),  dalam  rapat paripurna di aula DPRD Agam, Senin (16/01).

Rapat paripurna dipimpin ketua DPRD Agam, Marga Indra, dihadiri Forkompinda, Sekretaris Daerah, dan jajaran Pemkab Agam lainnya.

Dalam jawabannya, Bupati menjelaskan, kerangka manajemen yang akan dibentuk dalam ranperda ini terdiri dari dewan pengawas dan dewan direksi. Dewan pengawas terdiri dari unsur masyarakat, pemerintah daerah, dan praktisi. Sedangkan untuk dewan direksi berasal dari unsur pemerintah daerah atau masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan daerah.

Tonton Juga : PERAN LPPL PENTING, SAM FM BERPERAN OPTIMAL

“Kedudukan radio SAM FM, sesuai ketentuan Undang –Undang nomor 12 tahun 2002 tentang penyiaran, berada terpisah dengan struktur perangkat daerah, berupa badan hukum berbentuk lembaga penyiaran publik lokal (LPPL),” ujarnya.

Menjawab pertanyaan mengenai pentingnya keberadaan LPPL radio SAM FM untuk memberikan informasi dan program pembangunan kepada masyarakat, Indra Catri mengatakan, bahwa LPPL SAM FM sebagai wadah untuk menjalankan fungsi dalam memberikan pelayanan informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial budaya, “serta melestarikan kebudayaan bangsa, khususnya kebudayaan daerah dan untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya.

Bupati menambahkan, jangkauan siaran radio SAM FM saat ini masih terbatas pada sebagian wilayah Barat Kabupaten Agam. Keterbatasan jangkauan ini dipengaruhi oleh topografi daerah, keterbatasan prasarana pendukung, faktor teknis dan non teknis lainnya.

“Untuk perluasan jangkauan siaran ke seluruh wilayah Kabupaten Agam membutuhkan pembenahan berbagai aspek, seperti perbaikan sarana dan prasarana pendukung, terutama pembangunan repeater di lokasi tertentu, dan diharapkan dengan ditetapkannya ranperda itu menjadi perda bisa mendorong peran dan optimalisasi layanan SAM FM,” jelas Indra Catri.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top