Agam

Pembersihan Malalak Tuntas Rabu Ini

Malalak, KABA12.com — Pembersihan longsor Malalak diyakinkan tuntas Rabu (11/01). Sampai siang ini, tinggal 1 titik terparah di ruas Ambacang dibersihkan 4 unit alat berat DPU Sumbar dan dipastikan untuk material longsor bisa dibersihkan namun untuk dilalui kendaraan dan warga masih harus dilakukan pembersihan lebih lanjut.

Camatharmexi-3 Malalak Harmezi kepada KABA12.com Rabu siang menyebutkan, pasca kunjungan Wagub Sumbar Nasrul Abit, Senin lalu, diturunkan tambahan alat berat di lokasi longsor dan pengerjaan dilakukan siang malam yang didukung cuaca cerah di lokasi musibah.

Titik terparah sebut Harmezi Rabu siang sudah mulai dibersihkan dimana 4 alat berat bertemu dari 2 titik berbeda sehingga pengerjaannya lebih cepat.

“Mudah-mudahan Rabu seluruh material sudah bisa dibersihkan sehingga petugas tinggal mensterilisasi,” tambah Harmezi.

Untuk sterilisasi ulas camat Malalak, pihaknya harus melakukan pembersihan khusus dengan cara penyemprotan bekas tumpahan lumpur dan bebatuan di badan jalan menggunakan mobil.pemadam kebakaran yang sudah disiapkan di.lokasi musibah.

Selain badan jalan direncanakan petugas juga akan menembak tebing-tebing bekas longsoran menggunakan alat penyemprot.

Tujuannya agar tebing yang masih labil bisa lebih kuat dan material labil bisa turun ke bawah untuk megantisipasi berbagai kemungkinan,” kita sudah minta bantuan personil pemadam kebakaran dan mobil damkar bersama personil sudah siaga di lapangan,” tukuk Harmezi.

Untuk keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, selama proses pembersihan dan sterilisasi ruas jalan Sicincin-Malak-Balingka masih dinyatakan ditutup untuk umum sampai kondiso betul-betul aman dan pembersihan sudah selesai dilakukan.

“Kita berharap Rabu ini seluruh proses pembersihan dan stelrilisasi selesai sehingga ruas jalan itu bisa kembali normal dan bisa dilalui,” sebut Harmezi lagi.

Informasi yang diperoleh kaba12.com pasca kunjungan wagub Nasrul Abit pembersihan 8 titik longsor baru bisa dipacu, pasalnya Wagub Sumbar itu sempat “ngamuk-ngamuk” di lokasi longsor karena akat berat yang diturunkan PU Sumbar cuma 1 unit dan baru Selasa kemarin datang 3 tambahan ke lokasi musibah sehingga pengerjaan pembersihan bisa lebih cepat bahkan petugas bekerja siang malam.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top