Agam

Komisi I Gelar Raker Ranperda Inisiatif

Lubuk Basung, KABA12.com — Komisi I DPRD Agam gelar rapat kerja dengan SKPD terkait di Pemkab Agam untuk mempersiapkan ranperda inisiatif komisi I DPRD Agam yang akan dituntaskan tahun ini.

Raker yang digelar bersama BPMPN ,Kabag Hukum membahas tentang
Perencanaan pembangunan nagari, lembaga pemasyarakat nagari dan pedoman penberian nama jalan dan fasilitas umum tertentu.

Rapat dipimpin ketua Komisi I DPRD Agam, Drs. Feri Adrianto dihadiri anggota Helmon Dt Hitam, Joni Putra, Irfawaldi, Toshelmadi. Dari BPMPN hadir sekretaris Gusri Novral, Kabag Hukum Mhd. Lutfi, dan tim ahli Irwandi Agusra tim ahli pembangunan, Alsri Ilmennedi tim ahli pengembangan, M. Reza Pahlewi tim ahli infrastruktur desa, Edwar Mansur tim ahli pengembangan ekonomi, dan dari unsur sekretariat dewan dihadiri Asnidawati ,Ratnawilis serta humas Hasneril Adji, Selasa(10/01).

Ketua Komisi I DPRD Agam menyebutkan, perencanaan sesuai dengan visi Daerah dan juga sesuai dengan amanat undang-undang.

Tentang kelembagaan Nagari perlu aturan yang jelas mengaturnya seperti KAN tidak sama perdanya dengan lembaga lain dan perlu dibuatkan aturan yang jelas, sehingga tidak bertentangan dengan peraturan lainnya, begitu juga LPMN posisinya jelas,”kita tetapkan kedudukannya termasuk Parit Paga Nagari ini perlu juga berkoordinasi dengan Kesbangpol.” Jelasnya.

Mengenai pembuatan nama jalan perlu dibuatkan sistem yang mudah, untuk itu diberi nama tokoh dan desainnya diserahkan ke pemerintah daerah sedangkan penganggarannya serahkan ke nagari untuk itu mekanismenya diatur dengan baik.

Dalam rapat tersebut semua anggota Komisi I DPRD Agam, menyampaikan pendapat seperti Helmon Dt. Hitam, Tos Helmadi dan lainnya yang berharap berbagai mekanisme yang ada di tingkat nagari hidup melalui musyawarah.

Ketua Komisi I, Feri Adrianto berharap terkait perda ini,  pasal demi pasal perlu jadi perhatian dan juga terkait mekanisme usulan masyarakat, juga perlu didiskusikan DPRD dan pemerintah berlanjut dengan sosialisasi ke masyarakat.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top