Khazanah

Hukum Perayaan Tahun Baru  Secara Islam

Khazanah, KABA12.com — Tak terasa sebentar lagi seluruh umat manusia di dunia umumnya akan melewati pergantian tahun masehi dari tahun 2016 kepada tahun 2017. Dalam hal itu, sudah menjadi trend dan tradisi bagi setiap kalangan dalam teknik perayaan tahun baru tersebut. Ada yang merayakan dengan keluarga, sahabat, bahkan dengna orang – orang yang disayanginya.

Akan tetapi, secara islam perayaan tahun baru memiliki catatan khusus yang perlu diketahui oleh umat islam.  didalam al-quran Allah SWT menjelaskan dalam surah Al-Isra` ayat 36 yang sebagaimana artinya :

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggunganjawabnya”.(QS. Al-Isra` : 36).

Didalam ayat diatas memang tidak dijelaskan tentang perayaan tahun baru masehi. Akan tetapi dalam perayaan tahun baru masehi tersebut merupakan perayaan tahun baru dari orang – orang yang kafir dan ingkar terhadap Allah serta tidak mengetahui apa hukum dari perayaan tahun baru tersebut. Dan didalam ayat tersebut, Allah juga menjelaskan bahwa Allah sangat melarang umat islam yang beriman kepada -Nya untuk tidak mengikuti apa yang tidak diketahui tentang segala sesuatu. karena seluruh yang kita lakukan didunia ini akan dimintai pertanggungjawaban akan perbuatan tersebut.

Disisi lain, hukum dalam perayaan tahun baru masehi adalah haram. mengapa demikian? karena didalam tahun baru masehi diharamkan :

  1. Bertasyabuh Kepada Orang Kafir
  2. Hari untuk beribadah kepada tuhannya, seperti hari raya wafat Jesus Kristus, paskah, Misa, Natal, Tahun Baru Masehi, dan semisalnya
  3. Hari besar yang awanya menjadi syi’ar (simbol) orang-orang kafir, lalu dengan berjalannya waktu berubah menjadi tradisi dan perayaan global, seperti olimpiade oleh bangsa Yunani

Oleh karena itu, marilah kita sadari akan pentingnya mengetahui hukum perayaan tahun baru masehi agar kita terhindar dari azab Allah SWT. Amin ya Rabbal Alamin.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top