Agam

Program E-Voting Digarap Maksimal, BPMPN Agam Gelar Sosialisasi

Banuhampu, KABA12.com — Program E-Voting dalam rangkaian pemilihan wali nagari di Kabupaten Agam semakin maksimal dipersiapkan.

Dijadwalkan tahun 2017 proses pemilihan wali nagari serentak di Kabupaten Agam akan memakai sistem pemungutan suara elektronik dengan perangkat canggih.

Setelah sebelumnya, di aula kantor Bupati Agam Rabu kemarin, Wabup Agam, Trinda Farhan Satria, menggelar sosialisasi tingkat Kabupaten, Kamis (22/12) tim Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Nagari (BPMPN) Agam menggelar sosialisasi di kantor nagari Pakan Sinayan kecamatan Banuhampu.

Baca Juga:  Buka Musda PDHI Sumbar, Bupati: Sumbar Harus Miliki Fakultas Kedokteran Hewan

Sosialisasi ini sebut Kelala BPMPN Agam, Welfizar, sebagai langkah awak mendorong kesiapan masyarakat Agam untuk bergerak lebih maju dalam pemanfaatan teknologi.

Secara umum sebut Welfizar sistem E-Voting sangat mudah dan praktis tinggal pemahaman dan penjelasan yang harus diberikan pada masyarakat pemilih secara intensif. Pasalnya perangkat yang disiapkan sangat mudah operasionalnya.

Secara khusus, kesiapan data bagi nagari yang melakukan pemilihan, sudah disiapkan dalam sistem sesuai dengan mekanisme yang sudah ditetapkan. Mulai dari tingkat nagari dan disinkronkan dengan data yang ada di Disdukcapil.

Baca Juga:  Antisipasi Kenaikan Harga, Pemkab Agam Gelar Operasi Pasar Daging & Telur Ayam

“Kita akan matangkan sosialisasi sehingga dalam pelaksanaan pemilihan wali nagari tahun depan bisa berjalan maksimal,” sebut Welfizar.

Menyikapi terobosan E-Voting itu camat Tanjung Mutiara Ade Harlien menyebutkan masyarakat akan cepat memahami sistem dan mekanisme kerja yang harus dilakukan.

Baca Juga:  Predikat Adiwiyata Nasional-Mandiri SMPN 3 Lubukbasung, Prestasi Ke-Empat di Kabupaten Agam

“Saya yakin masyarakat akan cepat paham dan program E-Voting bisa dilaksanakan dengan baik tinggal petugas tekhnis yang harus menjelaskan dengan pola yang mudah dicerna,” sebut Ade.

Terkait pola dan jadwal pemilihan wali nagari secara langsung, pihak terkait masih dalam proses sosialisasi. Dijadwalkan pada 2017 mendatang, pemilihan wali nagari serentak di Kabupaten Agam sudah bisa dilaksanakan.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Terkini

To Top