News Lokal

6 Menu Khas Kurai “Makan Bajamba” Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah Kota Bukittinggi menggelar prosesi “Makan Bajamba” dipelataran Jam Gadang, Selasa (20/12) pagi dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota ke 232 tahu. Makan Bajamba merupakan tradisi masyarakat Minangkabau yang diterima secara turun-temurun dari nenek moyang terdahulu.

img-20161220-wa0034Jamba, merupakan hidangan makanan yang disajikan dalam sebuah piring besar yang bernama pinggan. Dalam prosesinya, makan bajamba diisi oleh enam orang, dimana salah seorangnya berfungsi sebagai janang (orang yang menghidangkan makanan).

“Di dalam pinggan itu nanti akan diisi enam jenis menu (samba nan anam) yang merupakan masakan khas orang Kurai (warga asli Bukittinggi). Diantaranya, Rendang, Anyang Daging (Sampadeh Dagiang), Ikan Pangek Kuning, Gulai Ayam , Taruang balado, dan Kerupuk ubi tunjuak.” Ungkap Melfi Abra, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi.

img-20161220-wa0028Tidak hanya itu, sajian Makan Bajamba juga dilengkapi dengan makanan pencuci mulut yang dibuat oleh Bundo Kanduang (ibu-ibu) dan anggota PKK. “Dalam makan bajamba kita juga menyajikan makanan peminum kopi, seperti Kalamai, Ajik, Inti, Pinyaram, dan Pisang” jelas Bundo Erniati.

Menurut ketua LKAAM Bukittinggi, Afrizal Dt. Maruhun, makan bajamba mengandung filosofi makan secara bermusyawarah, Saiyo Sakato, dan melestarikan budaya.

img-20161220-wa0031Sementara Walikota Bukittinggi, M. Ramlan Nurmatias mengatakan bahwa makan bajamba adalah budaya Nagari orang kurai Minangkabau yang akan terus menjadi agenda rutin tahunan kota pariwisata Bukittinggi.

“Kita sengaja menampilkan kebudayaan makan bajamba ini dipelataran Jam gadang. Kita sekalian mengekspos kepada pengunjung kota bahwa inilah kebiasaan yang beradat ditampilkan orang Kurai. Ini disediakan oleh Bundo Kanduang dari 24 kelurahan. Ada ratusan jamba yang disediakan. Kita sangat bangga, dan sangat mensyukuri bisa bersama-sama dengan warga kota merayakan ulang tahun kota ini.” Ungkap orang No. 1 di Bukittinggi itu.

img-20161220-wa0029 img-20161220-wa0021Dalam prosesi makan bajamba tahun ini pemerintah kota Bukittinggi melalui Bundo Kanduang dan ibu-ibu PKK di 24 kelurahan menyediakan 300 jamba. Dimana 10 jamba dari masing-masing kelurahan dan ditambah bantuan jamba dari BUMN, BUMD, dan PHRI Bukittinggi.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top