News Lokal

Touring Amal TPK IASMA Satu Meriahkan Peringatan HJK Bukittinggi 232

Bukittinggi, KABA12.com — Tim Peduli Kemanusiaan (TPK) Ikatan Alumni SMA (IASMA) Negeri Satu Landbouw Bukittinggi, turut berpastisipasi memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke 232.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan jelang jatuhnya HJK Bukittinggi ke 232 pada 22 Desember 2016 mendatang, diawali dengan Touring Amal yang dilaksanakan pada hari ini Minggu 18 Desember 2016, ke lokasi Masjid Nurul Iman di Jorong Pagadih Hilia, Nagari Pagadih, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, dan ke lokasi pembangunan Masjid di Dusun Palangkitangan, Jorong Kampuang Melayu, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten 50 Kota.

Koordinator Touring Amal TPK IASMA Negeri Satu Landbouw Bukittinggi, Benny Aziz, dari angkatan 88 mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian alumni dalam rangka memeriahkan HJK Bukittinggi ke 232, yang direalisasikan dengan memberikan bantuan pada Masjid yang berada di daerah terpencil.

img_20161218_233618_955“Masjid Nurul Iman di Jorong Pagadih Hilia, Nagari Pagadih, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, saat ini dalam proses pembangunan yang hanya mengandalkan dana dari swadaya masyarakat, dan sebagai bentuk bantuan sumbangan yang telah dikumpulkan alumni, diberikan pada pengurus Masjid yang saat ini sedang membangun tempat berwudhu,” jelasnya.

Sementara itu Masjid di Dusun Palangkitangan, Jorong Kampuang Melayu, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten 50 Kota, lanjut Benny Aziz, merupakan Masjid yang didirikan dari inisiatif IASMA Satu Landbouw Bukittinggi, yang saat ini dalam proses pengerjaan pondasi.

img-20161218-wa0060“Ide awal pembangunan Masjid di lokasi ini, saat melakukan survei tebar hewan qurban, munculah ide melalui pembicaraan dengan masyarakat setempat, bahwa di daerah ini belum ada Masjid sebagai tempat beribadah umat muslim,” jelasnya.

Touring Amal ini melibatkan 25 orang Alumni SMA Negeri Satu Bukittinggi lintas angkatan, dengan menggunakan 10 sepeda motor trabas dan matic, ditambah dua unit mobil off road, satu unit mini bus, berangkat dari Kanto Balaikota Bukittinggi pada pukul 09.00 WIB, yang diawali dengan do’a bersama, dan dilepas langsung Walikota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias, yang mengapresiasi program ini.

“Tidak mudah mengumpulkan dana untuk membangun sebuah Masjid, apalagi di daerah terpencil yang pasti membutuhkan dana yang cukup besar, namun dengan kekompakan dan tujuan yang sama, hal itu dapat diwujudkan.” ujarnya saat melepas start rombongan di Halaman Balaikota.

img_20161218_233324_378Menurut M. Ramlan Nurmatias, SMA Negeri Satu Landbouw Bukittinggi merupakan bagian dari sejarah panjang dunia pendidikan di Bukittinggi, banyak prestasi yang telah dipersembahkan siswa/siswinya baik di tingkat nasional maupun internasional yang telah mengharumkan nama kota ini.

“Pemerintah Kota Bukittinggi mengucapkan rasa terima kasih pada TPK IASMA Satu Landbouw Bukittinggi yang telah turut serta berpertisipasi memeriahkan HJK ke 232 pada tahun 2016 ini, dan diharapkan kegiatan ini menjadi amal ibadah bagi anggota tim yang berpartisipasi,” jelasnya.

img-20161218-wa0129Seluruh kegiatan yang diagendakan, berjalan dengan lancar. Bantuan yang dibawa telah diserahkan pada yang berhak, tracking ke Goa, dan wisata petik buah, menjadi rangkaian perjalanan yang tak terlupakan.

Dijelaskan, dana pembangunan Masjid di Palangkitangan berasal dari swadaya dari seluruh alumni yang berpartisipasi, ditambah proposal yang dijalankan pada donatur.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top