Agam

Rinuak Terancam Punah

Tanjung Raya, KABA12.com — Rinuak, ikan khas Danau Maninjau Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam saat ini populasinya sudah mulai berkurang.

img_20161216_164230_843Ditemui diruangannya Jum’at (16/12), Ermanto, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Agam mengungkapkan, berkurangnya populasi ikan yang bernama ilmiyah Pshilopsis sp  tersebut disebabkan oleh terjadinya racun belerang atau yang disebut masyarakat sekitar dengan tubo danau tiga bulan terakhir.

Beliau juga menambahkan, selain tubo danau, pencemaran air menjadi  salah satu penyebab, “sampah serta  endapan pakan ikan karamba jaring apung (KJA) juga menjadi salah satu menjadi faktor berkurang populasi rinuak, belum lagi bangkai – bangkai ikan yang yang berserakan di dalam danau ketika racun belerang melanda“ ungkapnya.

“Saya berharap agar masyarakat bisa mengatur KJA serta tidak membuang sampah ke dalam danau. Apabila air danau sudah bersih maka populasi rinuak akan normal kembali dan anak cucu kita juga bisa menikmati ikan lezat tersebut”harapnya.

(johan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top