Khazanah

“HAM” Langkah Memelihara Kehidupan

Khazanah, KABA12.com — Kehidupan yang dijalani umat manusia telah dituliskan Allah SWT didalam Al-quran. Banyak lika liku kehidupan telah difirmankan Allah yang memang terbukti sampai zaman sekarang. Banyaknya pertumpahan darah, kehancuran suatu wilayah, serta segala sesuatu yang menyangkut keagungan Allah SWT yang tidak bisa dnilai dengan akal fikiran manusia, Subhanallah.

Kalau kita cermati bersama, Allah telah menjelaskan tentang bagaimana penciptaan manusia hingga penjadian manusia sebagai khalifah dimuka bumi. Akan tetapi, sebagaimana yang dikatakan malaikat Allah, bhwasanya manusia akan mengadakan pertumpahan darah dimana-mana. Dan kalau kita teaalh sampai zaman sekarang, memang sudah ribuan hingga milyaran kali pertumpahan darah teradi di bumi Allah ini. Seluruh bentuk lika liku tersebut, banyak dikaitkan umat manusia kepada “HAM”.

HAM yang sering disebut seluruh kalangan didunia sebagai Hak Asasi Manusia, merupakan suatu hal yang menjunjung tinggi hak terhadap seluruh manusia, baik itu hak atas kehidupan, keluarga, kesamaan gender, dan lain sebagainya. Hal ini, banyak melahirkan tokokh-tokoh yang menjunjung tinggi HAM tersebut.

Akan tetapi, walaupun banyak tokoh-tokoh yang bermunculan, sebanyak itu pula lah pelanggaran HAM terjadi di dunia ini. hal ini. sebagaimana firman Allah dalam Surat Al-Maidah ayat 32.

Oleh karena itu, Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil bahwa barang siapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barang siapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.

Untuk itu, marilah kita kembali menyadari apa yang telah dilakukan selama ini, dan marilah kita meminta maaf serta ampunan baik itu kepada Allah maupun orang-orang yang ada di skeliling kita demi menjaga tatanan kehidupan di muka bumi ini. Mudah-mudahan kita selalu mendapat ridha dari Allah SWT. Amin Ya Rabbal Alamin

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top