Agam

Perkembangan Teknologi Media Pengaruhi Informasi Masyarakat

Agam, KABA12.com — Dinas  Perhubungan Komunikasi  dan Informatika Provinsi Sumbar bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Agam menggelar pelatihan kegiatan pembinaan jasa Pos dan Telekomunikasi (POSTEL)  Bidang Komunikasi dan Informatika  di Aula II Kantor Bupati Agam, Rabu  (14/12).

Kegiatan yang diadakan satu hari tersebut, mengangkat tema “Pemanfaatan media baru dan elektronik dalam kehidupan bermasyarakat”. Kegiatan in dihadiri sekitar 60 peserta, terdiri dari perwakilan  pemuda, masyarakat dan jurnalis se Kabupaten Agam.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Agam yang diwakili  Assisten II bidang ekonomi dan pembangunan, Isman Imran. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan  pentingnya pengetahuan pelatihan tentang  media informasi bagi masyarakat. Siapapun butuh informasi, tapi siapapun pasti akan membenci berita bohong, tanpa sumber berita yang jelas, termasuk tanpa didukung data dan fakta..

”Sekarang ini media informasi maupun media sosial merupakan konsumsi wajib bagi masyarakat jadi masyarakat harus pintar memanfaatkannya” ujar Isman.

Dalam kegiatan tersebut, Harmen, salah seorang wartawan senior di Sumatera Barat, dipercaya sebagai salah satu narasumber. Dalam materinya yang berjudul “Bersikap bijak dalam media baru”, tokoh Pers ini menjelaskan, Kemajuan teknologi informasi, membuat semua masyarakat memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap media baru. Media baru, lebih dikenal dengan media social (medsos), media massa berbasis tekhnologi (internet) dan media berbasis satelit (televisi).

Hal ini dikaitkan dengan bagaimana cara menyikapi serta menyaring seluruh bentuk informasi berita yang lebih akurat, terpercaya dan berimbang.

“Apapun bisa jadi berita, asalkan melengkapi syarat 5W +1H, dan tidak menyalahi aturan serta UU ITE ,”ujarnya

(johan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top