News Lokal

Tanah Ulayat di Panorama Baru untuk Pembangunan IAIN

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah kota Bukittinggi bersama Pangulu Pucuak Nan Duo Puluah Anam Kurai V Jorong menandatangani nota kesepakatan pemanfaatan dan penggunaan tanah ulayat Kurai V Jorong yang terletak di Padang Puhun untuk kepentingan pembangunan kampus IAIN Bukittinggi, di Rumah dinas Walikota, Minggu (11/12). Kesepakatan itu diambil lantaran minimnya lahan pada lokasi kampus IAIN yang berlokasi di garegeh saat ini.

“Pihak IAIN Bukittinggi telah menyampaikan keinginan mereka untuk membangun kampus di Padang Puhun Panorama Baru. IAIN masih kekurangan lahan sekitar 15 hektar lagi untuk Pembangunan Kampus. Kita yakin dengan didirikannya kampus IAIN di Panorama Baru akan membawa angin segar terhadap peningkatan ekonomi masyarakat panorama”, tutur Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Ramlan menambahkan, jika rencana tersebut berjalan, tentu akan membawa dampak baik bagi kota Bukittinggi. Hal ini juga sejalan dengan visi dan misi pemerintah kota yang akan mengembangkan Pendidikan di kota dengan luas 25 km persegi tersebut.

Sementara salah seorang Datuak Pucuak Kurai V jorong Hans Sikumbang Dt. Sati menyatakan, kesepakatan atas rencana pembangunan kampus IAIN di Panorama Baru merupakan kesempatan baik bagi kota dan masyarakat Panorama. “Bagaimana tidak lahan yang selama ini kurang produktif akan dimanfaatkan untuk pengembangan dunia pendidikan di Bukittinggi. Apalagi pihaknya bertambah yakin rencana tersebut akan berdampak positif terhadap masyarakat karena difasilitasi oleh Walikota Ramlan Nurmatias.” Tuturnya.

Untuk memperlancar proses kesepakatan nantinya Pangulu Pucuak Nan Duo Puluah Anam dengan pihak kampus IAIN akan membentuk tim khusus dan akan difasilitasi oleh Pemeritah Kota Bukittinggi.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top