News Lokal

Festival “Bukittinggi Marandang” Jadi Rangkaian HJK Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — Berbagai rangkaian acara akan di helat untuk menyambut Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi yang ke 232 tahun. Festival Bukittinggi Marandang menjadi salah satu rangkaian yang unik, karena festival ini akan di lakukan di pusat kota jam gadang.

Festival tersebut nantinya akan diikuti ibu-ibu dari TP-PKK dari 24 kelurahan dan Dasawisma kota Bukittinggi.

Ketua TP-PKK Bukittinggi Yessi Ramlan saat dihubungi KABA12.com mengungkapkan sangat antusias dengan festival ini, dimana nantinya semua mata akan tertuju pada saat proses marandang tersebut, kerja sama tim yang solid tentunya akan menghasilkan randang yang berkualitas.

“Kegiatan ini nantinya akan digelar pada tanggal 24 desember di pelataran jam gadang,” sambung Yessi Ramlan.

Keunikan pada acara festival marandang ini semua peserta memakai pakaian tempo dulu seperti tangkuluak, baju basiba, sandal jepit atau tangkelek. Dan memasaknya pun di atas tungku dengan kayu bakar, menghembus kayu api menggunakan suluh aur. Semua peserta memeras santan dengan kain mori di lokasi tempat memasak.

Sementara itu, Genpi (Generasi Pesona Bukittinggi) sebagai pelaksana kegiatan tersebut juga akan mengabadikan kegiatan tersebut dengan menghimbau kepada masyarakat untuk datang dan menyaksikan kegiatan tersebut.

Uda Didi S, pembina Genpi menuturkan hal ini baru pertama kali diadakan di kota wisata, jadi bagi masyarakat dan pengunjung jangan sampai melewatkan kegiatan tersebut.

(Debi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top