Agam

Cuaca Cerah, Jalur SIMAKA Bersinar Lagi

Malalak, KABA12.com — Cuaca cerah sejak Minggu hingga Senin kemarin membuat jalur Sicincin Malalak Balingka (SIMAKA) bersinar lagi. Pembersihan 12 titik longsor yang menutup ruas jalan itu berhasil dilakukan.

img-20161212-wa0035Sampai Senin (12/12) siang tinggal satu titik yang tersisa dibersihkan alat berat yanh optimal memanfaatkan cuaca cerah untuk bekerja. Diyakinkan, jalur SIMAKA akan kembali normal Senin ini mengingat 4 alat diturunkan sengaja diburu agar jalur utama lintas nasional itu bisa dilewati.

img-20161212-wa0038Camat Malalak Harmezi kepada KABA12.com menyebutkan, cuaca cerah Senin membuat aktivitas warga kembali nornal. Selain pembersihan jalur jalan yang tertimbun longsor selama lebih dari sepekan warga juga memanfaatkannya dengan menjemur pagi dan bahan pohon lain.

“Mudah-mudahan cuaca cerah bertahan dan pembersihan ruas jalan yang tertimbun longsor sudah bisa membali normal,” sebut Harmezi.

Mengerikan

Dampak bencana Malalak sendiri ulas Harmezi masih memicu ketakutan pihaknya bersama masyarakat setempat menyusul pendangkalan Batang Manguih dan bergesernya aliran sungai.

Dikhawatirkan hal itu bisa memicu banjir bandang dengan resiko yang mengerikan, pasalnya banyak material longsor yang memenuhi badan sungai dengan volume air sungai yang sangat besar.

“Kita berharap normalisasi sungai segera dilakukan untuk mengantisipasi dampak lebih buruk,” sebut camat Malalak itu lagi.

Sementara dampak longsor berkepanjangan di Malalak membuat warga panik dan pemerintah langsung mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok dengan bazaar murah dengan Agam peduli bencana.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top