Agam

Pohon Tumbang di Jambak, Ruas Jalan Terganggu

IV Koto, KABA12.com — Akibat angin kencang disertai hujan lebat yang terjadi Senin (05/12) dini hari, satu pohon besar di daerah Jambak, Kecamatan IV Koto, tumbang.

Pohon tumbang yang membelintang jalan tersebut memutuskan ruas jalan utama jalur Sianok-Bukittinggi yang terkenal padat. Upaya pembersihan pohon tumbang berdiameter 1,2 meter cukup sulit dilakukan tim BPBD Agam walau sudah mengerahkan alat pemotong chinshaw dan menariknya dengan mobil pemadam kebakaran.

Kepala BPBD Agam Bambang Warsito kepada KABA12.com menyebutkan, pihaknya Senin (05/12) pagi langsung membersihkan ruas jalan yang terputus akibat pohon tumbang itu pasalnya gerak cepat menentukan lancarnya arus lalulintas. Diyakinkan Bambang, pihaknya bersama masyarakat bisa segera mengatasi dalam waktu beberapa jam kedepan.

Siaga

Sementara menyikapi perubahan cuaca ekstrim berupa hujan lebat disertai angin kencang tersebut Bambang Warsito menegaskan, pihaknya sudah menginstruksikan seluruh personilnya untuk siaga. “Kita langsung bergerak saat mendapat laporan ada musibah,” tegasnya.

Tinjau Lokasi Bencana

Sementara, Senin (05/12) siang, Bupati Agam, Indra Catri bersama kalak BPBD Agam dan kepala BPBD Sumbar Nasridal Patria, akan meninjau lokasi bencana di wilayah Agam.

Peninjauan, sebut Bambang Warsito difokuskan ke wilayah Malalak, IV Koto, Palembayan dan Tanjung Raya yang terdampak longsor dan masih berpotensi terjadi musibah jika curah hujan tinggi.

“Kita berharap bisa berlanjut dengan penanganan dan pembersihan lanjutan dari unsur lain sehingga aktivitas masyarakat tidak terganggu,” sebut kepala BPBD Agam itu.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top