News Lokal

Pagelaran Seni, Wadah Para Seniman Kabupaten Agam

Agam, KABA12.com— Bupati  Agam diwakili Asisten III Mulyadi, membuka secara resmi pagelaran seni yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten  Agam, bertemakan menumbuhkembangkan serta melestarikan kearifan lokal sebagai wujud perluasan kawasan seni dan budaya  di Gor Rang Agam Selasa (29/11).

Kegiatan yang  dilaksanakan selama dua hari ini diikuti oleh 30 sanggar seni tradisional  yang ada di Kabupaten Agam. Dalam pagelaran ini para seniman dan pekerja seni dapat menunjukan kebolehannya, dimulai dari Silek Galombang, Randai, Tambua Tansa, Tari Piriang dan seni budaya Minang Kabau yang lain.

Mulyadi memberikan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan  Pariwisata Kabupaten Agam karena sukses mengadakan dua kegiatan besar dalam Satu Bulan ini. Dimulai dari Pesona  Danau Maninjau yang telah terlaksana awal Bulan November lalu, serta  Pagelaran Seni Sekarang.

“Saya salut dengan dinas kebudayaan dan pariwisata karena telah sukses mengadakan dua event serta serta bisa mengadakan acara ini ditempat terbuka agar masyarakat lebih tertarik untuk menyaksikan” pujinya.

Disamping itu beliau juga berharap agar event  ini bisa di adakan  secara berkelanjutan serta para seniman untuk selalu meningkatkan kwalitas agar kesenian kabupaten agam bisa menembus nasional maupun internasional serta menjadi promosi wisatawan agar mau berkunjung ke kabupaten agam.

Dalam laporannya Hadi Suryadi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengatakan, bahwa pengunjung pariwisata ditahun 2016 meningkat drastis karena dalam tahun ini bisa menggelar banyak event.

“Kami berharap, pegelaran ini mampu menjadi  wadah untuk sanggar dan mampu membangkitkan semangat generasi muda untuk melestarikan seni budaya, khususnya di kabupaten Agam.” tutupnya.

(Johan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top