News Lokal

Wako Bukittinggi: Ciptakan Generasi Muda yang Wirausaha

Bukittinggi, KABA12.com — Indonesia merupakan negara yang mempunyai jumlah penduduk yang sangat banyak, bahkan terbanyak ke-5 di dunia. Namun, jika dilihat dari aspek ekonomi, Jumlah penduduk Indonesia kini tak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia.

Itulah yang disampaikan oleh Walikota Bukittinggi saat mendatangi SMA Negeri 2 yang merupakan sekolah tertua di kota Jam Gadang ini. Sekolah Menengah Atas Negeri 2 tersebut ditunjuk oleh Dinas Pendidikan sebagai pilot project sekolah yang mengutamakan kegiatan wirausaha di Sumatera Barat .

“Sangat penting jiwa wirausaha ditanamkan sekolah dalam diri setiap siswa. Apalagi di tengah persaingan dan semakin terbatasnya lapangan kerja yang tersedia. Yang dibutuhkan saat ini adalah pribadi yang kreatif dan inovatif serta mampu bersaing untuk tetap bertahan. Apalagi kita masyarakat minang, jiwa wirausaha telah mendarah daging dan menjadi budaya di tengah masyarakat.” Ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Sumatera Barat Drs. Burhasman Boer, MM mengungkapkan, Bukittinggi merupakan daerah yang komit terhadap dunia pendidikan. Termasuk dengan pengembangan kegiatan ektrakurikuler sekolah.

“Life skill baik itu kemampuan wirausaha, kemampuan seni dan budaya serta kemampuan menguasai bahasa asing merupakan kunci utama dalam mendapatkan kesempatan di era globalisasi.” Katanya.

Saat ini SMA Negeri 2 telah memiliki 45 kelompok wirausaha. Masing-masing kelompok mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp. 1,5 juta yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produk yang bernilai ekomomi.

Walikota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias menghimbau seluruh stake holder pendidikan terutama orang tua dan guru untuk mendorong siswa meningkatkan kemampuan hidup atau life skill.

“Kita akan mempersiapakan generasi muda yang kompleks, yaitu tidak hanya mampu secara intelektual akademik, namun juga memiliki kemampuan menciptakan kesempatan sendiri dan bermanfaat bagi orang banyak.” Pungkasnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top