BPBD Kab. Agam

BPBD Agam Sosialisasikan EWS

Agam, KABA12.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam berikan sosialisasi dan pelatihan Early Warning System (EWS) di aula Hotel Permata Bunda Lubukbasung, Minggu (27/11). Pelatihan itu dipimpin langsung oleh Kalaksa BPBD Kabupaten Agam Bambang Warsito.

Sistem peringatan dini berbasis sensor yang mendeteksi getaran pada tanah yang terhubung  jaringan seluler. Perangkat tersebut  menggunakan speaker untuk memberikan pengumuman kepada masyarakat apabila curah hujan berpotensi bencana, agar segera di evakuasi ke tempat yang lebih aman. Dibalik itu apabila dalam keadaan normal, speaker tersebut juga bisa digunakan warga untuk pemberian pengumuman dalam kegiatan lainnya.

Pelatihan ini diterangkan oleh Anita dan Hideyuki Yogi, dari (MTU) Mitra Teknologi Utama kepada tim atau jajaran BPBD Agam. Untuk pemasangan awal penempatannya Jorong  Batu Nanggai dan Galapung, Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam karena daerah  tersebut dinilai paling rawan bencana longsor.

Saat ini telah dipasang 40 sensor yang dibagi menjadi dua titik di nagari tersebut. Diharapkan dengan pemasangan perangkat tersebut bisa memberikan data kepada Pusdalops (pusat pengendali operasi) BPBD Agam untuk memberikan informansi agar  bisa menjadi acuan pengambil kebijakan oleh pimpinan.

Bambang Warsito, selaku Kalaksa BPBD mengatakan, Kabupaten Agam adalah daerah paling rawan bencana, dari tanah longsor, gempa, tsunami dan banjir. Selain  itu beliau juga menegaskan kepada staffnya agar  mengikuti  materi dan sosialisasi dengan  serius. “Materi ini sangat penting. Jadi apapun yang mengganggu diwaktu pelatihan ini harus dihindari” tegasnya.

(Tim liputan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top