News Lokal

Pemerintah dan Polres Agam Gelar Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai

Agam, KABA12.com — Kepolisian Resor Agam bersama pemerintah Kabupaten Agam menggelar apel besar Kebhinekaan Cinta Damai di GOR Rang Agam, Rabu (23/11). Apel besar Kebhinekaan Cinta Damai guna memperkokoh semangat kebersamaan demi keutuhanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Apel ini dihadiri oleh Bupati Agam yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum pada Sekretariat Kabupaten Agam, Mulyadi, Kapolres Agam AKBP Eko Budhi Purwono S.IK, Dandim 0304 Agam yang diwakili Koramil Kecamatan Matur dan ratusan peserta dari seluruh Stekholder di lingkungan Pemerintah, personil TNI dan Polri, serta tokoh masyarakat, Ninik Mamak dan Bundo Kanduang.

Dalam sambutan Bupati Agam yang diwakili Mulyadi mengatakan, bahwa salah satu kunci kuatnya Kebhinekaan itu adalah kebersamaan.

“perlu dipahami bahwa kebersamaan adalah salah satu kunci untuk mencapai tujuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagaimana tertuang dalam pembukaan UUD 1945, sehingga segala bentuk tantangan, hambatan, ancaman, dan gangguan baik internal maupun eksternal akan mudah diatasi,” ujarnya.

Mulyadi juga berharap, kegiatan ini dapat mempekuat semangat dalam menjaga keutuhan NKRI. “ saya berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk menyegarkan semangat dan memperbaharui tekad dan usaha bersama untuk memberikan darma bakti kita yang sebesar- besarnya bagi pembangunan bangsa dan Negara kita dari waktu ke waktu,” tutupnya.

Kapolres Agam juga berharap, masyrakat tidak lupa dengan Kebhinekaan dan tiga pilar pokok utama dapat menjaga NKRI. “ seluruh elemen masyarakat tidak ada yang lepas, mengajak kembali masyarakat untuk ingat dengan Kebhinekaan dan saling mengingatkan. Menunjukan kepada masyarakat bahwa kami tiga pilar pokok utama Negara ini yaitu, Pemerintahan, Polri, dan TNI untuk menjaga keutuhan NKRI. NKRI HARGA MATI,” kata AKBP Eko Budhi Purwono S.IK.

Untuk mendukung kegiatan apel besar Kebhinekaan Cinta Damai Pemerintah Kabupaten Agam dan Polres Agam melaksanakan Deklarasi Kebhinekaan Cinta Damai dan kesepakatan forum tiga pilar dengan harapan sebagai berikut :

  • Membangun kebersamaan.
  • Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.
  • Memperkuat solidaritas antara TNI- Polri dan Pemerintah Daerah serta tokoh masyarakat.
  • Mendukung pembangunan daerah.
  • Membangun Komunikasi secara intens,transparan sinergi yang harmonis, kesetaraan dalam menyelesaikan masalah, komitmen untuk mewujudkan  keamanan dan ketertiban masyarakat serta membangun kemitraan internal.
  • Membangun kemitraan eksternal dalam bentuk partisipasi aktif dan juga ikut proaktif dalam kegiatan masyarakat sekaligus untuk pendekatan dini serta pencegahan dini.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top