BPBD Kab. Agam

Pelatihan Drone Langkah Awal Penanggulangan Bencana

Agam, KABA12.com — Penyelenggaraan kegiatan pelatihan penggunaan drone hari ke dua oleh BPBD Kabupaten Agam berjalan dengan lancar. Acara yang berlangsung di Sport Centre Lubukbasung (23/11) dihadiri oleh sejumlah peserta dari anggota BPBD Kabupaten Agam, KWSB, KSB, Senkom dan Pemerhati Kebencanaan Daerah. Kegiatan dihari kedua ini masih dalam tahap dasar pengenalan dan penggunaan drone.

Menurut keterangan dari Satuan BPBD 50 Kota Rinaldi, Drone yang digunakan adalah jenis Phantom DJI 3 yang bisa diterbangkan dalam radius tiga kilo meter dan memiliki daya terbang selama 28 menit. Disamping itu, beliau juga berharap kegiatan ini dapat menjalin kerjasama antara Kabupaten Agam dan 50 kota dalam penggulangan bencana di daerah, “ kami berharap BPBD Kabupaten Agam dan BPBD 50 Kota menjadi mitra dalam penanggulangan bencana serta dapat menjadi contoh untuk BPBD Kabupaten/Kota di Sumatera Barat” ujarnya.

Selain itu, Nasrudin selaku staff BPBD Kabupaten Agam mengatakan, pelatihan Drone ini baru perdana dilakukan di Kabupaten Agam. “Hal ini bertujuan  supaya seluruh pilot drone BPBD Kabupaten Agam mahir dalam menggunakan drone agar bisa memberikan masukan kepada atasan dalam mengambil kebijakan atas suatu bencana yang dihadapi ”ujarnya.

Beliau juga menambahkan untuk mahir dalam menggunakan drone tidak cukup hanya dalam waktu dua hari ini. Direncanakan BPBD Agam akan kembali mengadakan pelatihan serta menekankan kepada pilot drone BPBD Agam untuk bisa belajar secara otodidak.

( Johan )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top