News Lokal

Polres Bukittinggi Targetkan 2.000 Tilang Dalam Operasi Zebra

Bukittinggi, KABA12.com — Kepolisian Republik Indonesia, hari ini Rabu 16 hingga 29 November 2016 serentak melaksanakan Operasi Zebra. Seperti halnya pelaksanaan operasi zebra di wilayah hukum Polres Kota Bukittinggi, sebanyak 100 orang personil telah dikerahkan dalam kegiatan ini.

Kepala Satuan Lalu Lintas AKP Aris Cai Dwi Susanto mengatakan, kegiatan kepolisian kali ini dilaksanakan guna meningkatkan kepatuhan terhadap pengendara bermotor.

“Kami akan menurunkan sebanyak 100 personel untuk kegiatan ini dan bekerjasama dengan TNI, POM, Satpol PP dan Dinas Perhubungan setempat karena operasi itu merupakan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan dari kegiatan rutin setiap hari,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Kota Bukittinggi AKBP Tri Wahyudi mengatakan pelaksanaan operasi zebra akan dititikberatkan pada tindakan penegakan hukum atau tilang sebanyak 80%.

“Sasarannya adalah kendaraan roda dua dan roda empat, seluruh kelengkapan kendaraan akan kita periksa. Kita menitik beratkan 80% penindakan dan 20% sosialisasi.” Jelas Kapolres Bukitttinggi, Rabu (16/11).

Untuk kegiatan penyuluhan, pembagian brosur keselamatan berlalu lintas pada pengendara dan kegiatan optimalisasi pengaturan, penjagaan dan patroli masing-masing sebanyak 10 persen.

Pihak Polres Bukittinggi menargetkan, selama 14 hari pelaksanaan kegiatan ini pihaknya mengeluarkan sebanyak 2.000 tilang dengan target utama pelanggaran yang kasatmata.

“Jika 2.000 tilang ini tidak tercapai, berarti masyarakat dapat dikatakan sudah lebih mematuhi aturan dalam berlalu lintas,” tambahnya.

Di samping itu, dalam operasi zebra pihaknya juga akan menyasar kendaraan-kendaraan curian sehingga diharapkan dapat berdampak pada keamanan masyarakat di mana dapat menekan tindak pencurian kendaraan bermotor.

“Muara kegiatan ini yakni saat perayaan Natal dan Tahun Baru nanti masyarakat sudah lebih tertib. Jadi dapat dikatakan operasi zebra sebagai cipta kondisi jelang Natal dan Tahun Baru. Kita juga mengimbau masyarakat agar mematuhi aturan lalu lintas baik di saat siang maupun malam hari dalam keadaan ada dan tidak ada petugas.” tutupnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top