News Lokal

Pemkab Agam Dapat Bantuan Rp1,2 Miliar Dari Pusat

Agam, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam, mendapatkan bantuan dari pusat sebesar Rp1,2 miliyar digunakan untuk melaksananakan program Dinas Kelautan dan Perikanan setempat pada 2016, guna membangun sarana dan prasarana.

Dana ini digunakan untuk melanjutkan pembangunan shelter, pelebaran beberapa titik sungai yang sering terjadi banjir di beberapa nagari dan pembangunan jalan evakuasi di Kecamatan Tanjung Mutiara.

Kepala DKP Kabupaten Agam Ermanto, Rabu (9/11), mengatakan, selama 2016 dilakukan pelebaran sungai yang ada di Gasan Ketek, Nagari Tiku Selatan, dengan lebar sebelumnya 1,5 meter menjadi 9 meter dengan panjang 2,1 kilometer dan sungai di Banda Gadang denga lebar sebelumnya 1,5 meter dan sekarang menjadi 9 meter.

“Dari dua sungai yang dilakukan normalisasi ini, sekarang sudah menjadi sumber ekonomi oleh pemuda setempat, dimana sungai itu dimanfaatkan untuk membuat lubuk larangan,” kata Ermanto.

Di Pasia Tiku, katanya, pihaknya mengembangkan bina usaha untuk menunjang kewirausahan, pemuda dan kelompok masyarakat. Salah satunya adalah mengebangkan objek wisata seperti tempat bermain anak–anak dan memberikan bantuan sepeda wisata.

“Untuk pengelolaannya diserahkan kepada pemuda dan kelompok masyarakat di nagari itu sendiri. Bahakan kita juga memberikan bantuan untuk membuat gerbang atau gapura, sehingga setiap masyarakat yang melintasi Kecamatan Tanjung Mutiara bisa singgah sejenak di Pasia Tiku yang indah itu,” terang Ermanto.

Selain itu, juga dibangun jalan evakuasi di Ujung Labuang dengan panjang 1 kilometer dan lebarnya 3,5 meter, Pasia Paneh sepanjang 500 meter lebar 4 meter dan membangun jembatan.

Untuk mengantisipasi terjadi abrasi pantai, pihaknya telah melakukan penanaman camar laut sebanyak 500 batang. Sekarang kondisi camar laut tersebut sudah mulai berkembang dengan baik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top