News Lokal

Pelayanan di Disdukcapil Agam Semakin Tertib

Agam, KABA12.com — Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, Misran, mengatakan, pelayanan adminitrasi kependudukan semakin tertib.”Ini semenjak edaran Bupati Agam Nomor: 470/741/DUKCAPIL/2016, mengenai pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di Lubuk Basung dan Kantor Pelayanan bersama di Belakang Balok Bukittinggi,” kata Misran.
Menurut Misran, edaran itu mengatur ketentuan pengurusan dokumen kependudukan secara langsung oleh yang bersangkutan tanpa melibatkan pihak lain. Ini untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.
“Bupati Agam melalui edaran tersebut menyampaikan bahwa pelayanan administrasi kependudukan tidak dipungut biaya atau gratis dan bagi masyarakat yang berurusan diminta mengurus langsung tanpa melalui pihak lain. Jika menggunakan tenaga orang lain, maka dilengkapi surat kuasa atau jika dibantu oleh petugas kantor camat atau kantor walinagari maka disertai dengan surat tugas dari camat dan walinagari,” katanya.
Ternyata, katanya, pola ini sangat efektif mengurangi keluhan masyarakat dalam berurusan terutama menghindari praktek percaloan.”Terbitnya surat edaran bupati ini disamping untuk menghindari calo juga sekaligus melindungi masyarakat yang berurusan dari dugaan calo, karena dilengkapi dengan surat kuasa dan atau surat tugas bagi aparat kecamatan dan nagari,” ujar Misran.
Terkait adanya keluhan masyarakat yang mengeluhkan terbatasnya jumlah masyarakat yang dilayani setiap hari, Misran mengatakan, pembatasan ini mengingat waktu layanan selama jam kerja. Artinya tim verifikasi dokumen mengukur kesanggupan petugas dan kekuatan peralatan untuk melayani administrasi kependudukan sehari-hari.
Bahkan Misran menegaskan bahwa satu orang masyarakat berurusan bisa mencapai lebih dari satu jenis dokumen, sehingga nomor antrian disesuaikan dengan waktu untuk memproses sebuah dokumen kependudukan yang diminta masyarakat tersebut.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top