News Lokal

DKP Agam Bakal Lakukan Pendataan Kapal

Agam, KABA12.com — Dinas Kelautan dan Perikan (DKP) Kabupaten Agam, bakal melakukan pendataan kapal penangkap ikan. Ini dilakukan akibat banyaknya kapal di Indonesia yang tidak terdaftar, sehingga kapal yang datang dari luar negeri sulit untuk diketahui.

“Hal itu menindak lanjuti Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM.13 Tahun 2012 Tentang Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal. Lalu surat Kesyahbandaran tanggal 29 September 2016 tentang pendaftaran ulang seluruh kapal nelayan,” kata Kepala DKP Agam, Ermanto.

Untuk melakukan mendaftarkan kapal tersebut, setelah dilakukan pengukuran seperti pengukuran terhadap lebar kapal, mesin serta gambar sketsanya.

“Untuk pengukuran mulai dari 0-7 GT merupakan kewenangan Kabupaten Agam, tetapi harus mendapat persetujuan dari Kesahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Teluk Bayur (KSOP),” terang Ermanto.

Dikatakan Ermanto, dalam pengukuran ini tidak dipungut biaya. Hak milik atas kapal yang telah diukur dan mendapat surat ukur dapat didaftarkan oleh pemilik kepada pejabat pendaftardan pencatat balik nama kapal.

Untuk itu Ermanto mengajak masyarakat yang memiliki kapal tangkap ikan segera lakukan pengukuran ulang supaya kapalnya terdaftar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top