News Nasional

“Babakti ka kampung”, IMABU Ajak Anak SD Gosok Gigi & Cuci Tangan

Bukittinggi, KABA12.com — Ikatan Mahasiswa Bukittinggi (IMABU) kota Padang pada Sabtu (05/11) pagi melakukan aksi Gosok Gigi dan cuci tangan bersama ratusan murid SD Negeri 08 Jangkak Mandiangin Kota Bukittinggi.

“Gerakan cuci tangan dan gosok gigi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Ikatan Mahasiswa Bukittinggi (IMABU) yang ada di kota Padang terhadap kesehatan anak. Kegiatan ini dinilai cukup penting karena tanpa disadari tangan dan gigi akan menjadi tempat bakteri, virus, dan kuman yang membawa bibit penyakit. Jadi, harus benar-benar bersih,” kata Ketua pelaksana aksi Rahmat Ilham pada KABA12.com.

Aksi ini dilakukan guna mengimbau dan membiasakan anak agar mencuci tangan menggunakan sabun dan rajin menggosok gigi setiap harinya, khususnya ketika mandi dan sebelum tidur.

“Semuanya itu harus dimulai sejak dini, karenanya, mari bersama-sama mengajarkan dan membiasakan pola hidup bersih kepada anak-anak terutama usia Sekolah Dasar dan ini juga salah satu bentuk bakti kami para generasi muda dari Bukittinggi untuk berbakti ke kampung halaman” katanya.

img-20161105-wa0015Kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa asal Bukittinggi ini mendapat respon yang positif dari pihak sekolah. Salah seorang guru pembimbing dari SD 08 Jangkak Mandiangin mengatakan, cuci tangan dan gosok gigi adalah kebiasaan yang bermanfaat bagi anak-anak.

“Kebiasaan menggosok gigi dan mencuci tangan merupakan salah satu cara untuk mengurangi potensi timbulnya penyakit bagi anak-anak yang masih menjadi anak usia sekokah. Minimal cacing yang terdapat di kuku akan hilang dan tidak dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan karena kebiasaan mencuci tangan.” Ujar Zetrawati, SPd.

Kepengurusan Ikatan Mahasiswa Bukittinggi (IMABU) Kota Padang merupakan kepengurusan pertama yang dilantik oleh Walikota Bukittinggi dan Padang pada 28 November 2015 lalu. Selama ini IMABU telah melaksanakan berbagai macam kegiatan sosial, mulai dengan ikut serta dalam gerakan sampah dunia, penggalangan dana untuk panti asuhan dan korban banjir yang ada di Solok Selatan.

Rangkaian kegiatan ‘babakti ka kampung‘ yang dilaksankan oleh Ikatan Mahasiswa Bukittinggi Kota Padang ini akan ditutup pada Minggu (06/11) besok, dengan kegiatan aksi donor darah dan diskusi panel tentang “Peran Pemuda Dalam Pembangunan Daerah” di lapangan Wirabraja Bukittinggi.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });