News Lokal

Kalak BPBD Agam Buka Rapat Koordinasi Tanggap Bencana

Agam, KABA12.com — Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Warsito membuka langsung Rapat Koodinasi Tanggap Bencana Wilyah Kabupaten Agam. Rapat ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Agam, Selasa (01/11).

Rapat ini membahas tentang membangun Agam tangguh bencana, dimana dilatarbelakangi oleh kondisi riil daerah Kabupaten Agam sebagai daerah  rawan bencana. Rapat ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti Peraturan Daerah Kabupaten Agam No. 1 tahun 2010 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Agam.

“Kita memiliki filosofi penanggulangan bencana yaitu, jauhkan bencana dari manusia, jauhkan manusia dari bencana, beradaptasi dengan bencana, dan mendorong kearifan local sebagai kekuatan utama,”kata Bambang Warsito.

Rapat ini juga membahas tentang peningkatan kewaspadaan terhadap bencana dan langkah-langkah membangun kesiagaan bagi dareah yang terdampak resiko bencana tersebut. “Langkah-langkah membangun kesiagaan seperti, melakukan koodinasi dengan camat atau instansi terkait dengan kebencanaan,”tambah Kalak BPBD tersebut.

Beliau juga menambahkan langkah selanjutnya yaitu, melakukan keajian dan penetaan status keadaan darurat bencana sesuai dengan Perda BNPB No. 6.A tahun 2011, tentang pedoman penggunaan dana siap pakai pada status keadaan darurat bencana.

(Virgo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top