News Lokal

Irwandi, Management by Target Efektifkan Program Pemko

Bukittinggi, KABA12.com — Wakil Walikota Bukittinggi mengungkapkan perjalanan Pemerintah Kota Bukittinggi mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama tiga tahun anggaran cukup berat. Pada tahun 2015 Bukittinggi juga telah berhasil menerapkan sistem akuntansi berbasis aktual pada laporan keuangannya.

Menurut Irwandi ada beberapa startegi yang harus diterapkan guna mendapatkan opini WTP. Yaitu pertama komitmen pimpinan daerah, aparatur dan stake holder tentang pentingnya tranparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Kedua kesiapan SDM dan kelembagaan untuk melaksanakan sistem tersebut dan optimalisasi sistem informasi keuangan daerah. Strategi selanjutnya adanya kelengkapan regulasi daerah yang memberikan pengetahuan secara detil kepada aparatur tentang pengelolaan keuangan. Terakhir yang tidak kalah penting adalah pengupayaan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksanaan BPK dalam waktu yang telah disepakati,” ujarnya.

Kemudian untuk mengefektifkan program, lanjut Irwandi, Pemko Bukittinggi tahun ini menyelenggarakan sistem management by target. Yaitu pelaksanaan kegiatan harus sesuai dengan perencanaan baik dalam hal anggaran maupun jangka waktu pelaksanaan. “Setiap kegiatan yang dilakukan harus memiliki target yang jelas untuk dicapai, sehingga akan semakin mudah untuk dievaluasi dan dilihat tingkat keberhasilannya”, ungkpanya.

Terkait soal Sisa Lebih Pendapatan Daerah (SILPA) yang terjadi karena beberapa hal. Diantaranya ketidakjelasan aturan dalam pelaksanaan kegiatan atau penggunaan anggaran.

Seperti halnya pada pemanfaatan Dana Alokasi Khusus (DAK), dimana Juklak dan Juknisnya langsung ditentukan oleh pemerintah pusat.

Namun Irwandi mengakui bahwa Pemko Bukittinggi akan berupaya meminimalisir terjadinya SILPA pada setiap tahun anggaran. Karena menurut Irwandi semakin tingginya SILPA maka kesempatan masyarakat untuk menikmati anggaran tersebut juka akan semakin sedikit. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top