News Lokal

Sasaran Taralak Panti Putra Dibuka, Agusveri : Bekal Pemuda Masa Depan

Lubukbasung, KABA12.com —  Sasaran silek tuo aliran taralak Panti Asuhan Putra Lubukbasung, Sabtu (29/10) malam dibuka secara resmi oleh camat Lubukbasung, Helton.

Prosesi peresmian terbilang istimewa, karena dihadiri langsung ketua dewan pembina Rukun Keluarga Kecamatan Lubukbasumg (RKKL) Jabodetabek H. Agusveri dan ketua Dewa pakar RKKL H. Ebrar Yananda, bersama tokoh tokoh masyarakat Lubukbasung diantaranya H. Hendri Rusdian, H. Defliandi bersama tuo silek Nyiak Kirai Danau.

Menurut ketua pengelola panti asuhan putra, Dabesri Basa Dt. Bagindo Rajo, pembukaan sasaran silek tuo taralak panti putra merupakan hal luar biasa bagi pihaknya dalam rangka pembinaan anak-anak panti.

“Ini perhatian dan kepedulian bersama untuk menyiapkan generasi muda yang Islami dan handal membela diri, sesuai filosofi adat basandi syarak syarak basandi kitabullah, ” sebutnya.

img-20161029-wa0017Hal serupa disebutkan camat Lubukbasung Helton,SH, yang mengaku salut akan terobosan yang dilakukan panti asuhan putra. Karena pembinaan silat tradisi menjadi cikal penting dalam mendorong generasi tangguh yang agamais beradat dan jauh dari narkoba.

“Kami beri dukungan penuh,” ujat camat yang menyebut akan membantu pengadaan pakaian latihan anak anak panti tersebut.

Penting Untuk Bekal
Sementara menurut ketua dewan pembina RKKL Jabodetabek H.Agusveri, silat tradisi dan pembinaan seni tradisi sejak dini menjadi kekuatan penting yang harus diperlihara semua elemen.

img-20161029-wa0018Perantau sebutnya akan memberi dukungan penuh agar sasaran silek tradisi panti putra itu bisa eksis kedepan dan diharapkan tidak hanya latihan silat tapi juga pasambahan, tambua tansa, dan jenis tradisi lain karena hal itu harus terus dijaga dan dipelihara.

“Kami memberi dukungan penuh karena hal itu menjadi salah satu agenda besar perantau Lubukbasung untuk mendorong kemajuan kampung halaman,” sebut Agusveri.

Sasaran silek tuo taralak panti putra dengan 26 orang murid diawal pembukaannya dikawal khusus tuo silek Nyiak Danau yang juga pelatih silat tradisi IPSI Agam. Dijadwalkan latihan digelar seminggu sekali tiap Sabtu malam.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top