News Nasional

28 Oktober, Sejarah Lahirnya Persatuan Pemuda

Bukittinggi, KABA12.com — Hari lahirnya Sumpah pemuda dimulai pada saat kongres Pemuda II dan merupakan rumusan hasil kongres kala itu yang menghasilkan ikrar pemuda di tanah air sebagai tonggak sejarah kepemudaan dalam mempersatukan tekad pemuda dan pemudi Indonesia.

Ide para pemuda dalam merumuskan sebuah tekad kuat perjuangan kaum muda dalam mempersatukan perjuangan kemerdekaan dimulai oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI).

Rumusan Kongres teks Sumpah Pemuda aslinya ditulis dalam secarik kertas oleh Moehammad Yamin dan diberikan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario sedang berpidato dihadapan kongres pemuda tanah air, rumusan pertama kali teks sumpah pemuda ini disetuui dan kemudian dibacakan oleh Soegondo.

Ikrar Sumpah Pemuda sejatinya merupakan keputusan Kongres Pemuda Kedua pada tanggal 28 Oktober 1928, Kongres kepemudaan tersebut berlangsung selama dua hari yaitu dari tanggal 27-28 Oktober dan pembacaan teks Sumpah Pemuda dirumuskan menjelang sesi akhir kongres yang diselenggarakan di Jakarta, kala itu masih bernama Batavia.

Hasil putusan kongres kepemudaan 28 Oktober 1928 ini kemudian menjadi cikal bakal lahirnya hari Sumpah Pemuda yang menyatakan satu tekad “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”.

Ikrar “Soempah Pemoeda” asli terpatri di Museum Sumpah Pemuda, teks asli atau naskah Sumpah Pemuda ini menggunakan ejaan van Ophuysen yang berlaku saat itu.

Teks Asli Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928
Pertama: Kami Poetra dan Poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea: Kami Poetra dan Poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Dan hingga sekarang penulisan teks sumpah pemuda mengalami perubahan yang disesuaikan dengan EYD tanpa merubah substansi aslinya.

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya, dengan mengetahui sejarah Hari Sumpah Pemuda diharapkan kita mampu memepersatukan tekad membangun dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal bermanfaat, Selamat hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016.

(Jaswit)
Sumber: Jurnal Sejarah Pemuda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top