BPBD Kab. Agam

Pasukan Biru Ajarkan Murid SD Selamatkan Diri Saat Bencana

Agam, KABA12.com — Ratusan murid dan guru SD Negeri 09 Sungai Cubadak, Baso, Kabupaten Agam mendapatkan pembelajaran penyelamatan diri, saat terjadi bencana dari pasukan biru BPBD Kabupaten Agam, Selasa (18/10).

img-20161018-wa0034Para siswa diajarkan bagaimana menyelamatkan diri saat terjadi musibah seperti gempa bumi, longsor, banjir, dan kebakaran. Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Agam, Bambang Warsito menjelaskan, kegiatan ini penting dilakukan mengingat kondisi wilayah Kabupaten Agam yang rawan akan bencana.

“Simulasi awal yang kita berikan kali ini bertujuan untuk pembelajaran bagaimana anak menempatkan diri saat terjadi bencana untuk melindungi dirinya sendiri.” Jelasnya pada KABA12.com.

Tidak hanya memberikan pengetahuan dasar siaga bencana, BPBD juga mengukuhkan sekolah dasar tersebut menjadi Kelompok Siaga Bencana Sekolah (KSBS) Agam.

img-20161018-wa0035“Pengetahuan kebencanaan harusnya diberikan sejak usia dini. Tidak hanya sekali, namun berkelanjutan dan berulang. Apalagi di kawasan ini rawan terjadi bencana longsor, dan juga merupakan kawasan titik kumpul sementara bila terjadi erupsi gunung.” Ungkap Kalak BPBD.

Sementara itu, Tilda S.Pd Kepala SD Negeri 09 Sungai Cubadak, Baso, sangat berterimakasih atas penyuluhan simulasi siaga bencana yang diberikan oleh BPBD kepada para muridnya. “Alhamdulillah, kita sangat bersyukur sekali dengan pengetahuan yang diberikan BPBD. Ilmu anak menjadi bertambah dan lengkap terkait dengan penanggulangan bencana, yang bisa bermanfaat bagi diri dan orang-orang disekitar mereka nantinya.” katanya pada KABA12.com.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top