News Lokal

Percepat Pengesahan, Pemkab Agam Bahas Ranperda Nagari

Agam, KABA12.com — Pemerintahan Kabupaten Agam menggelar rapat penjelasan naskah akademis yang telah disusun oleh tim peneliti yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Agam, Senin (17/10).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria tersebut bertujuan guna penyempurnaan Ranperda Tentang Nagari. Rapat tersebut juga dihadiri oleh Plt. Sekda Agam Martias Wanto, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Nagari, Welfizar dan Ketua Tim Peneliti Naskah Akademis, Fahmi.

Wabup Trinda Farhan menilai, penyusunan Ranperda nagari sangat strategis dalam mengimplementasikan visi misi pemerintah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP).

“Saya berharap hasil penelitian ini bisa menjadi referensi bagi pemerintah sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Fahmi, mengatakan dalam penyusunan naskah akademis ini pihaknya melalui proses waktu selama 10 bulan. Dalam 10 bulan tersebut pihaknya telah meneliti di 82 nagari di Agam, dan  mengakui bahwa Agam memiliki sistem adat budaya salingka nagari yang cukup kuat.

“Dalam hal ini kita hanya membantu pemerintah untuk membuat aturan nagari, kemudian menjadikannya dalam sebuah naskah akademis,” jelasnya.

Menurutnya, jika mengacu kepada makna bahwa nagari itu merupakan nagari yang memiliki satu kesatuan adat, maka ketika dalam sebuah nagari tersebut memiliki satu kesatuan adat, maka nagari tersebut sulit untuk dimekarkan.

“Begitu sebaliknya, jika dalam suatu nagari itu memiliki beberapa kesatuan adat maka besar kemungkinan akan memudahkan kita untuk memekarkannya,” terangnya.

Terkait hal itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Nagari, Welfizar, menyatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan semua data untuk memudahkan dalam proses pembuatan ranperda nagari.

“Dengan semua data yang dimiliki, kita siap untuk memfasilitasi semua kebutuhan tim peneliti nanti. Kita berharap, November nanti naskah akademis ini sudah sampai ke DPRD,” jelasnya.

(Virgo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top