News Nasional

Setelah Dicopot, Dua Bekas Menteri Kembali Dilantik Presiden

Jakarta, KABA12.com — Secara mengejutkan presiden Joko Widodo melantik dua bekas menteri yang sudah dicopot dari jabatan sebelumnya, sebagai Menteri dan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Ignasius Johan ditunjuk Presiden menjadi Menteri ESDM dan Arcandra Tahar menjadi Wakil Menteri ESDM di Istana Negara, Jumat (14/10).

Dalam pernyataan singkatnya usai pelantikan, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa penunjukkan ini semata-mata isu manajemen. “Keduanya adalah figur yang cukup profesional, dan berkemampuan untuk melakukan reformasi di sektor ESDM. Ini isu manajemen, jangan ditarik ke isu-isu personal dan politik,” kata Jokowi.

“Ini isu manajemen,” katanya menegaskan lagi.

Ignasius Jonan mengisi posisi yang sebetulnya ditinggalkan Archandra Tahar yang kini dilantik sebagai wakilnya.

Sebelumnya, Jonan menjabat sebagai Menteri Perhubungan, dan dicopot dalam perombakan kabinet kedua, menyusul sejumlah kontroversi ‘kegaduhan,’ antara lain terkait penentangannya terhadap pembangunan kereta api cepat Jakarta Bandung.

Adapun Arcandra Tahar, sebelumnya dicopot dari jabatan sebagai Menteri ESDM pada 15 Agustus 2016, sesudah terungkap bahwa ia memiliki dua kewarganegaraan, Indonesia dan Amerika Serikat.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top