News Lokal

Bukittinggi dan Bali Tukar Satwa

Bukittinggi, KABA 12.com — Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi, menjalin kerja sama dengan Bali Zoo dalam bentuk tukar menukar satwa.

Kepala Bagian Humas Pemko Bukittinggi, Yulman menginformasikan Walikota M. Ramlan Nurmatias saat ini sedang berada di Bali untuk proses kerja sama didampingi Kepala Bidang TMSBK Ikbal, Kurator TMSBK Rahmi Aida dan dokter hewan Tri Nola Mayasari.

Yulman menyebutkan dari TMSBK akan ditukarkan dua ekor Harimau Sumatera terdiri dari satu jantan dan satu betina dengan sejumlah satwa dari Bali Zoo yakni tiga ekor Walabi Irian terdiri dari satu jantan dan dua betina, tiga ekor Burung Bayan terdiri dari satu jantan dan dua betina serta tiga ekor Singa Afrika terdiri dari satu jantan dan dua betina.

“Kerja sama tukar-menukar satwa itu merupakan salah satu upaya mengembangkan fungsi dan menambah daya tarik TMSBK. Serta bentuk pembenahan yang secara fisik juga dilakukan untuk kenyamanan para pengunjung,” sambung kabag humas.

Kerja sama itu diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Wali Kota Bukittinggi M.Ramlan Nurmatias dengan Kepala Kebun Binatang Bali yang berlangsung di Gianyar, Bali, pada hari Selasa (11/10).

Penandatanganan nota kesepahaman bersama itu merupakan proses awal yang harus dipenuhi kedua pihak sebelum terbit izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait kerjasama saling bertukar satwa tersebut.

Menurut walikota, sebagai sesama lembaga konservasi kerjasama antara TMSBK dan Bali Zoo Park tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu kebun binatang dan sumber daya manusianya. Realisasi tukar-menukar satwa dapat tercapai pada akhir tahun dengan sasaran meningkatkan kunjungan wisatawan karena bertepatan dengan libur akhir tahun 2016 dan libur tahun baru 2017.

(Debi Kurnia)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top