News Lokal

Sehari Bersama Napi di Rutan Kelas IIB Padang Panjang

Padang Panjang, KABA12.com — Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KEMENKUMHAM) yang ke 71 th, seluruh nara pidana (napi) yang ada di rumah tahanan (rutan) kelas IIB Padangpanjang ikut mendengarkan arahan dari menteri Kemenkumham RI, Yasonna Hamonangan Laoly secara langsung di aula lapas setempat, Minggu (09/10).

Sebanyak 75 orang nara pidana di Rutan IIB Padangpanjang, beserta kelurga yang juga hadir pada kesempatan itu ikut menyimak dan menyaksikan secara langsung arahan yang disampaikan oleh Menteri Yasonna dengan tertib, dan sopan.

Kepala Rutan klas IIB Padangpanjang Surakhmat juga mejelaskan, dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia atau yang lebih dikenal dengan nama Hari Dharma Karyadhika yang jatuh setiap tanggal 30 Oktober Rutan kelas IIB Padangpanjang mengadakan beberapa kegiatan diantaranya seperti yang sedang berlangsung ini.

Lanjut Surakhmat yang juga didampingi anggota Provos Lapas Yudi menambahkan “Alhamdulilah sampai saat ini seluruh anggota lapas aman dan tidak ada temuan atau yang membuat masalah sehingga menimbulkan kegaduhan di dalam, seperti yang banyak diberitakan media di lapas lapas lain, keributan dan peredaran narkoba di antara warga lapas dan jaringannya di luar, kami akan terus berupaya melakukan pembinaan yang terbaik bagi seluruh warga lapas sehingga tercipta situasi yang kondusif di lapas ini, salah satu bentuk upaya dalam menghambat peredaran narkoba di dalam lapas, kami selalu memeriksa semua pengunjung yang datang dan tidak di perbolehkan membawa benda benda yang dapat memicu terjadinya transaksi, seperti handphone dan lain sebagainya. Kami juga berharap setelah keluar nantinya mereka dapat berkarya dengan baik, sehingga dapat diterima dikalangan keluarga dan masyarakat di daerah tempat tinggalnya”, terang Kalapas.

Sementara itu Dandim 0307/TD Letkol Arm. Bagus Tri Kuntjoro didampingi Danramil Padang Panjang Kapten Inf. Yasril M yangnikut hadir dalam perayaan Hut Kementerian Hukum dan Ham tersebut, memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan kepada seluruh warga binaan rutan kelas IIB Padangpanjang dan para keluarga napi yang hadir.

“Dalam rangka Hut Kemenkumham kali ini saya Dandim 0307 Tanah Datar ingin mengajak kepada saudara semua agar bisa menjalani hukuman ini dengan penuh kesabaran dan leiklasan karena¬†sejatinya manusia itu tidak luput dari kesalaha dan dosa, mulailah dengan pemikiran baru lakuakan yang terbaik, buat keluarga kita bangga dengan karya dan kreatifitas kita yang bisa bermanfaat bagi orang lain, sehingga nantinya kita bisa menjadi orang yang berguna di masyarakat dan bangsa ini, saya juga berharap kepada seluruh warga binaan lapas ini, agar jangan merasa rendah diri dan merasa dikucilkan sehingga menghambat kemampuan kita untuk beraktifitas dan berkarya di kalangan masyarakat nantinya, timbulkan rasa percaya diri yakin bahwasannya kita bisa melakuakan yang terbiak”, tutupnya.

Selain di Rumah Tahanan (Rutan) Padangpanjang hari ini semua Rutan di bawah Irjen Kemenkumham Melaksanakan Open House di Rutan setiap daerah dan kabarnya hari rabu besok juga akan dilaksanakan Donor darah Bersama secara serentak di seluruh Indonesia.

(S3)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top