News Lokal

Sempat Tertunda Satu Tahun, Pengurus PWI Padang Panjang Dikukuhkan

Padang Panjang, KABA12.com — Setelah sempat tertunda hampir satu tahun, pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang kota Padang Panjang, akhirnya terlaksana, Selasa (04/10), di aula gedung Pertemuan M. Syafei.

Tertundanya pengukuhan pengurus periode 2015-2018 ini tentu bukan tanpa sebab.

img_20161005_055847_848“Tidak ada masalah, tertundanya pengukuhan kepengurusan periode 2015-2018 ini, hanya karena belum lengkapnya sebagian persyaratan administrasi saja dan hal itu kini sudah selesai,” ujar Syamsoedarman ketua PWI terpilih dalam sambutannya dihadapan Walikota Padang Panjang, Stake Holder terkait dan para tamu undangan.

“Sekarang kita musti berbenah, agar kemitraan kita dengan pemerintah dan aparat, bisa lebih tertata dan terorganisir, sehingga tidak terlalu sering terjadi gesekan akibat berita yang tidak berimbang di lapangan,” lanjutnya menyinggung fenomena kekerasan terhadap jurnalis yang kini santer diberitakan.

img-20161005-wa0002Senada dengan Ketua PWI Padang Panjang terpilih, wakil ketua PWI Sumbar, Arianof Firdaus, usai mengukuhkan pengurus PWI Padang Panjang yang baru, juga menyoroti tentang pentingnya uji kompetensi bagi seluruh pewarta sebelum bertugas tanpa kecuali.

“Hal ini (UKW) mutlak dimiliki seorang pewarta selain verifikasi resmi bagi media tempatnya bernaung oleh Dewan Pers. Sebab saat ini kan lebih banyakan wartawan dari pada media yang ada,” ungkapnya sambil menyinggung rendahnya attitude (sikap) oknum segelintir pewarta yang tidak siap memikul beban pekerjaan sebagai jurnalis terhormat.

Ditempat terpisah wartawan senior Sumatera Barat yang ikut hadir saat pengukuhan, Eko Yanche Edrie, juga tidak kalah resah dengan kehadiran oknum pewarta yang kerjanya cuma merusak citra profesi mulia ini.

img-20161005-wa0004“Jadi wartawan itu jangan meresahkan,” ujarnya, “Pemberitaan yang cenderung tendensius dan tidak berimbang kerap dikeluhkan para mitra, apalagi jika kehendak si pewarta tidak berlaku, dan hal ini perlu ditertibkan, profesi ini bukan untuk gagah-gagahan, karena ada tanggungjawab besar dibelakangnya,” pungkas Eko sambil menyinggung pentingnya pewarta ber-UKW.

Pengukuhan pengurus PWI kota Padang Panjang ini, merupakan pengukuhan PWI cabang ke-14 di seluruh Sumatera Barat sekaligus yang terakhir dari masa kepengurusan PWI Sumbar pimpinan Basril Basyar yang akan habis akhir tahun ini.

(Yansen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top