News Lokal

Wabup Agam : Perkuat Nilai-Nilai Seni dan Budaya

Agam, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam terus mendukung Program-program seni dan kebudayaan  sebagai motivasi dari pembinaan Seni Budaya yang dapat meningkatkan kegemaran generasi muda terhadap seni tradisi dan budaya  seperti kesenian randai. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria Saat Pembukaan Lomba Randai Tradisi di Gor Rang Agam Beberapa waktu lalu.

“Semua ini untuk memperkuat kembali nilai-nilai seni dan budaya yang sesuai dengan kontek kekinian tanpa merubah nilai-nilai dasar seni budaya, sehingga nanti tokoh-tokoh masyarakat bisa tetap mengembangkan budaya minang kabau yang Tak Lapauk Dek Hujan dan Tak lakang dek paneh,” kata Wakil Bupati.

Dipaparkan Trinda Farhan bahwa kesenian tradisi di Kabupaten Agam seperti Tambua ,tansa, saluang jo dendang, talempong, randai ,pencak silat ,salwat dulang dan lainnya saat ini belum terlihat gebrakannya hal ini disebabkan oleh  pengaruh seni Modren  sehingga seni dan tradisi minang mulai kurang diminati oleh Kaum generasi Muda.“Kita Harapkan ini menjadi pilar nilai-nilai budaya khususnya di Kabupaten Agam,” tutupnya.

(Virgo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top