Peristiwa

Bupati “Turun Tangan” Padamkan Kebakaran Lahan Perbukitan Lembah Harau

Kab.50 Kota, KABA12.com — Sejak beberapa hari terakhir, sejumlah lahan di perbukitan Lembah Harau, batas Payobasuang – Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat terbakar. Data sementara, luas lahan yang dilalap si jago merah mencapai 9 hektar. Proses pemadaman yang dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten 50 Kota, Irfendi Arbi, terus berlangsung, seperti yang dilakukan hingga Minggu (02/10) sore.

fb_img_1475493085002“Tadi, saya sengaja menyisir lokasi kebakaran. Memimpin rapat dengan Polisi Kehutanan, PSDA dan BPBD Pemprov Sumbar bersama BPBD Limapuluh Kota, juga diiikuti Kepolisian dan TNI. Laporan terakhir, kebakaran sudah menghanguskan hampir 9 hektare lahan. Ditambah lagi, kebakaran di batas Payakumbuh-Harau, kawasan Payobasuang-Taram.” jelasnya.

Pemadaman pun terkendala akses jalan buntu, yang ditempuh armada damkar. Lokasi  dapat ditempuh dengan berjalan kaki dan menggunkan motor trail.

“Saya sudah perintahkan BPBD Limapuluh Kota, memasok air dengan cara dipompa ke puncak perbukitan. Alhamdulillah, saat ini juga sudah digali tiga lobang (embung) untuk menyimpan debit air. Ketiga embung ini, sangat dekat dengan spot api.” tegasnya.

fb_img_1475494175739Selain berusaha terus memadamkan api, Pemkab Limapuluhkota akan berkoordinasi dengan Polisi Kehutanan dan Muspika untuk melahirkan hasil identifikasi dan rencana penanganan ke depan. Termasuk dalam kebutuhan helikopter waterbombing.

“Kepada masyarakat, saya juga berharap, bantu Kepolisian, TNI dan petugas BPBD, Polhut, PSDA, memadamkan api. Kita harus bersama sama.” tutupnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top