News Lokal

Baru Berdiri, Randai Grub Kesenian Asal Agam ini Ukir Prestasi

Agam, KABA12.com — Group Randai Tuah Sakato Jorong Pasar Durian Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam berhasil meraih Juara pertama  Dalam Lomba Randai Tradisi Se Kabupaten Agam  Tahun 2016 yang digelar Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Agam pada 26-27 September 2016 lalu.

Atas keberhasilan Group Randai asal Jorong Pasar Durian Nagari Manggopoh tentunya membawa Harum nama Jorong khususnya   Kecamatan  Lubuk Basung,  karena berhasil menggungguli Peserta group randai  asal Kecamatan-kecamatan  lainnya di Agam.

Kebanggaan ini disampaikan Wali Nagari Manggopoh, Ridwan, saat mengunjungi Group  randai Tuah Sakato yang mengharumkan nama Nagari Manggopo, Sabtu malam ( 1/10) kemarin di Dusun Kurao Pasar Durian

“Meski baru berdiri  namun group Randai Tuah Sakato mampu menjadi juara ditingkat agam, dan kami sangat bangga atas keberhasilan ini karena juga membuat harum nama nagari manggopoh,” ujar Ridwan.

Wali Nagari Manggopoh juga mengungkapkan bahwa  pemerintah Nagari Manggopoh juga  berencanakan akan menganggarkan bantuan untuk kesenian Randai ini pada tahun 2017 nanti.

Meskipun Grup Randai Tuah Sakato baru berdiri kurang lebih dua tahun belakangan ini, namun berhasil mengukir prestasi dengan menjuarai Lomba Randai tingkat Kabupaten Agam tahun 2016  digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Sementara, Harmon  salah seorang  Pengurus sekaligus pemain Group  Randai Tuah Sakato  mengaku senang dan bangga dengan keberhasilan yang diraih Group Randainya.

“Kami tidak menyangka akan meraih juara pertama, dan kami sangat bangga bisa menampilkan kesenian randai di Gor Rang Agam mengikuti Lomba Randai Tradisi yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agam dan akhinya menjadi juara dan  tidak kalah senangnya ini bisa dihadiri langsung oleh Bapak Wakil Bupati ,” ujarnya.

Menurut nya, lahirnya Group Randai ini adalah untuk  melestarikan dan memunculkan kembali kesenian tradisional Minang Kabau khususnya didaerah  Nagari Manggopoh

(Virgo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top