Khazanah

“KUMAN” Penyakit Manusia

Khazanah, KABA12. com — Manusia merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah yang sarat akan kesalahan dan kekhilafan. Kesalahan dan kekhilafan tersebut, banyak yang didominasi oleh beberapa unsur penyakit yang menyebar di tengah-tengah kehidupan manusia.  Penyakit-penyakit tersebut menyerang dan merasuki tubuh manusia hingga mengakibatkan kesenjangan di dalam kehidupan antar sesama umat.

Penyakit tersebut dikenal dengan 3 KUMAN, yakni ;

  1. Kudis ( Kurang Disiplin )

Kudis merupakan suatu penyakit yang paling sering mengincar manusia. Kudis ini dimaksudkan dengan kurang disiplin. Kurangnya disiplin manusia menjadi salah satu factor timbulnya perpecahan di muka bumi. Tidak adanya rasa menghargai dan menghormati, menjadi sumber utama dari kudis ini. Mengapa demikian? Karena tidak adanya rasa menghargai waktu dan menghormati apa yang telah dilalui selama ini.

Contoh : disiplin dalam shalat. Shalat menjadi pondasi kita dalam berinteraksi dengan ALLAh SWT. Akan tetapi, zaman sekarang, banyak dari umat islam yang lalai akan kedisiplinan shalat. Para pedagang masih sibuk dengan jual belinya, para petani masih sibuk dengan sawah dan ladangnya. Tapi mereka lupa akan panggilan Allah SWT. Hal inilah, yang mengakibatkan banyaknya banyaknya cobaan yang diberikan Allah SWT.

  1. Kurap ( Kurang Rapi )

Kurap. Penyakit kedua yang menyerang manusia. Kurap diartikan sebagai kurang rapi. Mengapa demikian? Karena banyak dari umat manusia yang tidak rapi  dalam berbagai hal.

Contohnya dalam berpenampilan dan berpakaian. Banyak model-model penampilan yang tidak sesuai dengan syariat islam, seperti potongan rambut dan berpakaian yang tidak menutup auratnya.

  1. Kutil ( Kurang Teliti )

Kutil merupakan kurang teliti. Ketelitian adalah kunci dari segala sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang. Karena, salah satu keberhasilan pekerjaan tergantung ketelitian dari orang tersebut. Kecerobohan dan ketidak telitian ini, mengakibatkan kesalahan-kesalahan yang akan merugikan bagi kita. Hal ini, juga dapat membangkitkan penyakit kudis dari dalam hati manusia.

Ke tiga penyakit tersebut bersumber dari suatu penyakit yang sangat membahayakan yakni kuman. Kuman dalam hal ini bukan berarti makhluk kecil ataupun sejenis hewan. Akan tetapi, Kuman dalam hal ini dimaksudkan sebagai Kurang Iman. Kurangnya keimanan seseorang dapat menimbukan ke tiga penyakit tersebut. Hal ini mengakibatkan perpecahan dan perselisihan di dunia ini.

Untuk itu, marilah kita bersama-sama menginstropeksi diri tentang apa yang pernah kita lakukan selama ini. Semoga dengan adanya instropeksi diri, akan timbul penyesalan dan taubatan nasuha yang ditrima oleh Allah SWT. Amin ya rabbal alamin…

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top