Pendidikan

Ponpes Muallimin Kamang Mudiak Cetak Hafiz Qur’an

Kamang Magek, KABA12.com — Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, SPsi, MSc, akan meresmikan Pondok Pasantren Tahfiz Qur’an Muallimin Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Magek Agam 1 November 2016 mendatang.

Pondok pesantren yang baru memulai proses belajar mengajar sejak 2016 tersebut, telah memiliki 270 santri dari berbagai daerah. “Saat ini kami sudah mendidik tahfiz 150 santriwan dan 120 santriwati, yang terdiri dari 6 tingkatan dibagi menjadi 12 lokal serta 14 asrama” kata Ustadz Ari Jauharudin Sanusi salah seorang Pembina sekolah tersebut.

Sekolah yang juga membimbing siswanya berkomunikasi menggunakan bahasa Arab dan Inggris tersebut, merupakan Sekolah Transformasi dari Madrasah Aliyah dan Tsanawiah Muallimin Pakan Sinayan. Dalam proses belajar mengajar, Ponpes Muallimin menargetkan para santri menghafal 5 sampai 10 ayat perhari. Sehingga dalam 1 semester, santri sudah memiliki 5 juz hafalan, “saat ini santri kelas 2 Aliyah kami sudah bisa menghafal 20 – 25 juz Al Qur’an” lanjut ustadz Ari.

Tak hanya hafalan Al Qur’an, Ponpes juga membekali santri dengan mata pelajaran umum serta keterampilan maupun ekstrakulikuler lainnya.

Saat ini Pondok Pesantren yang berada tak jauh dari Pasar Pakan Sinayan itu, memiliki 30 guru yang diantaranya tamatan Mesir. Diharapkan dengan pembinan yang dilakukan di sekolah tersebut bisa mencetak santri beriman dan bertaqwa yang siap menjadi ulama sekaligus pemimpin dan mampu bersaing di era globalisasi dimasa yang akan datang.

( Tim Liputan )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top