News Lokal

Puaskan Jiwa Adventure di Aia Tajun Sarasah Sungai Guntuang

Agam, KABA12.com — Negeri Indonesia terkenal dengan alamnya yang indah dan eksotis. Tidak jarang disetiap daerah di negeri bahari ini tidak memiliki destinasi wisata unggulan. Seperti Air Terjun yang dimiliki oleh Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam.

Masyarakat di daerah setempat menamai air terjun tersebut “Aia Tajun Sarasah Sungai Guntuang” atau dikenal dengan nama “Air Terjun Tiga Tingkat”. Destinasi indah ini tersembunyi diantara dua lembah raksasa, yg airnya tetap mengalir ke tengah nagari Palupuah. Air terjun ini terdiri dari tiga tingkatan di mana tingkat paling tinggi sarasah mempunyai ketinggian terjunan air kurang lebih 10 m bersama satu buah telaga batu yg kerap memancarkan kilauan pelangi bila terkena sinar matahari.

img-20160924-wa0027Sedangkam untuk tingkat kedua dan ketiga diperkirakan masing-masing mempunyai ketinggian antara 12 sampai 14 meter, serta bersama telaga seukuran diameter lima meter. Dari ke-2 air terjun itulah tersembul uap air dan embun yg mengepul seperti cendawan raksasa. Bahkan dari tingkat itu pun senantiasa terdengar gemuruh hempasan air.

Kawasan eksotis ini berjarak kurang lebih 7 kilo meter dari pusat Nagari Pasia Laweh, menuju Nagari Pagadih, Palupuh. Persisnya di tengah jajaran Bukit Barisan, yg mendaki dan menurun diantara lembah hijau di tengah punggung Sumatera.

Nong rianto, DT. Maruhun, S.Sos pj Walinagari Pasia Laweh saat dikonfirmasi oleh KABA12.com, Sabtu (24/09) menjelaskan, lokasi air terjun ini merupakan destinasi yang selama ini terpendam dan kurang terekspose di masyarakat.

img-20160924-wa0028“Kawasan air terjun yang ada di daerah kita ini sangat potensial bagi palupuah, terutama bagi nagari Pasia Laweh. Untuk itu saat ini kita tengah berupaya untuk menghidupkan kawasan tersebut. Meski kawasan tersebut dipercaya masyarakat setempat sebagai tempat keramat, akan tetapi hal tersebut diharapkan tidak akan menjadi penghambat bagi destinasi yang indah ini” Pungkasnya.

Bagi wisatawan yang memilki jiwa adventure yang tinggi, tidak salah lagi. Lokasi ini menjadi tempat yang recomended untuk didatangi, karena akan menguji adrenalin adventure dengan track menuju ke Sarasah Guntuang lumayan keren dengan tanjakan dan turunannya yang tajam, yang lumayan menggigilkan telapak kaki.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top